Putin: AS dan NATO Harus Bertanggung Jawab atas Rekonstruksi Afghanistan

Minggu, 19 September 2021 - 12:11 WIB
loading...
Putin: AS dan NATO Harus Bertanggung Jawab atas Rekonstruksi Afghanistan
Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak Amerika Serikat (AS) dan negara-negara NATO untuk bertanggung jawab atas rekonstruksi Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia , Vladimir Putin mendesak Amerika Serikat (AS) dan negara-negara NATO untuk bertanggung jawab atas rekonstruksi Afghanistan. Menurut Putin, AS dan NATO harus menanggung biaya rekonstruksi di negara tersebut.

Berbicara melalui sambungan video di pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), Putin menekankan bahwa organisasi harus menggandakan upaya untuk mencegah ancaman terorisme, perdagangan narkoba, dan ekstremisme agama yang berasal dari Afghanistan.

Dia juga mencatat bahwa AS dan NATO, yang katanya terutama bertanggung jawab atas situasi di Afghanistan, harus menanggung biaya rekonstruksi negara yang dilanda perang itu.

Mengekspresikan keprihatinan serius atas situasi di Lembah Panjshir dan umumnya perkembangan terakhir di Afghanistan, ia menyerukan kerja sama yang lebih erat antara angkatan bersenjata negara-negara anggota SCO.

Di kesempatan yang sama, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (19/9/2021), Putin juga mengatakan bahwa dia mendukung keanggotaan Iran di SCO.

"Kami mendukung keputusan untuk memulai proses keanggotaan SCO Iran, yang telah diajukan untuk disetujui ke Dewan Kepala Negara SCO," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)