Aktivis Kembar Palestina Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Majalah TIME

Kamis, 16 September 2021 - 21:07 WIB
loading...
Aktivis Kembar Palestina Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Majalah TIME
Muna dan Mohammed El-Kurd, aktivis dan saudara kembar asal Palestina dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021 oleh majalah TIME. Foto/Ist
A A A
RAMALLAH - Muna dan Mohammed El-Kurd, aktivis dan saudara kembar asal Palestina dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021 oleh majalah TIME . Keduanya dipuji karena dinilai telah memberi dunia sudut pandang bagaimana hidup di bawah pendudukan Israel di Yerusalem Timur.

Mereka menjadi wajah kampanye untuk menghentikan pengusiran warga Palestina dari lingkungan Yerusalem Timur yang menjadi titik nyala dan membantu mendorong perubahan retorika internasional terkait Israel dan Palestina.

Selama lebih dari satu dekade, keluarga El-Kurd, bersama dengan puluhan tetangga mereka di lingkungan Sheikh Jarrah, telah berjuang melawan kemungkinan pemindahan paksa dari rumah mereka oleh pemukim Israel.

Mohammed dan Muna El-Kurd, ditangkap dan ditahan selama beberapa pekan oleh otoritas Israel karena aksinya. Mereka menjadi terkenal setelah menantang narasi yang ada tentang perlawanan Palestina melalui postingan viral dan wawancara, memanusiakan pengalaman tetangga mereka dan menolak anggapan bahwa kekerasan sebagian besar dilakukan oleh orang Palestina.

"Karismatik dan berani, mereka menjadi suara yang paling dikenal dari mereka yang terancam kehilangan rumah mereka di Sheikh Jarrah,” tulis TIME, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (16/9/2021).

“Di seluruh dunia, pengorganisasian akar rumput mereka membantu menginspirasi diaspora Palestina untuk memperbarui protes. Dan di AS, sekutu lama Israel terkuat, jajak pendapat menunjukkan dukungan yang meningkat untuk Palestina, sejauh ini tanpa biaya untuk dukungan publik untuk Israel,” tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)