Sebulan Kuasai Kabul, Taliban Hadapi Krisis Kemanusiaan

Rabu, 15 September 2021 - 19:48 WIB
loading...
Sebulan Kuasai Kabul, Taliban Hadapi Krisis Kemanusiaan
Taliban menghadapi krisis kemanusiaan sebulan setelah menguasai Kabul. Foto/Al Jazeera
A A A
KABUL - Sebulan setelah merebut Kabul , Taliban menghadapi masalah menakutkan saat berusaha mengubah kemenangan militernya menjadi pemerintahan damai yang tahan lama.

Setelah empat dekade perang dan kematian puluhan ribu orang, keamanan sebagian besar telah meningkat tetapi ekonomi Afghanistan hancur meskipun pengeluaran untuk pembangunan selama 20 tahun berakhir memakan biaya ratusan miliar dolar.

Kekeringan dan kelaparan mendorong ribuan orang dari pedesaan ke kota-kota, dan Program Pangan Dunia khawatir persediaan makanannya bisa mulai habis pada akhir bulan, mendorong 14 juta warga Afghanistan yang rawan pangan ke jurang kelaparan.

Sementara banyak perhatian di Barat terfokus pada apakah pemerintah baru Taliban akan menepati janjinya untuk melindungi hak-hak perempuan dan menolak kelompok-kelompok seperti al-Qaeda, bagi banyak warga Afghanistan, prioritas utamanya adalah kelangsungan hidup yang sederhana.

“Setiap orang Afghanistan, anak-anak, mereka lapar, mereka tidak punya sekantong tepung atau minyak goreng,” kata penduduk Kabul, Abdullah, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (15/9/2021).

Pada hari Selasa, Rein Paulsen, direktur Kantor Darurat dan Ketahanan Organisasi Pangan dan Pertanian, mengatakan kepada wartawan di markas besar PBB dalam sebuah video briefing dari Kabul bahwa empat juta warga Afghanistan menghadapi "darurat pangan".

Paulsen mengatakan 70 persen warga Afghanistan tinggal di daerah pedesaan dan ada kekeringan parah yang mempengaruhi 7,3 juta warga Afghanistan di 25 dari 34 provinsi di negara itu.

"Komunitas pedesaan yang rentan ini juga terkena pandemi," katanya.

Paulsen mengatakan musim tanam gandum musim dingin – yang paling penting di Afghanistan – terancam oleh tantangan uang tunai dan sistem perbankan serta tantangan terhadap pasar dan barang-barang pertanian.

“Lebih dari setengah asupan kalori harian warga Afghanistan berasal dari gandum,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)