Pasukan Khusus Taliban 'Badri 313': Pakai Nama Perang Nabi Muhammad, Senjatanya Buatan AS

Jum'at, 10 September 2021 - 16:29 WIB
loading...
Pasukan Khusus Taliban Badri 313: Pakai Nama Perang Nabi Muhammad, Senjatanya Buatan AS
Pasukan khusus Taliban Afghanistan yang diberi nama Pasukan Badri 313. Foto/via The Independent
A A A
KABUL - Brigade "Badri 313" adalah nama pasukan khusus Taliban yang dibentuk dadakan setelah mengambil alih kekuasaan Afghanistan. Nama itu diambil dari nama "Perang Badar", perang pasukan Nabi Muhammad melawan pasukan Quraisy.

Pasukan khusus Taliban itu sebagian berisi para personel yang tak pernah menjalani pelatihan militer dan markas mereka di bekas gedung taman kanak-kanak (TK) di Kabul.

Meski hanya bekas gedung TK, tapi itu bukan hanya rumah bagi para petempur keras yang paling sulit, yang berkeliaran di lapangan berpakaian kamuflase dan menggembar-gemborkan tentang gudang senjata buatan Amerika Serikat (AS). Markas itu juga tempat bagi mereka yang dilatih untuk menjadi pembom bunuh diri atau mati syahid versi mereka.



“Komando ini memiliki dua bagian,” kata salah satu tentara berpangkat tinggi dari pasukan khusus itu, yang namanya kemudian diketahui sebagai Hafiz Badry.

Badry dengan suara pelan memberi tahu: “Ada yang berlatih menjadi petempur pasukan khusus dan ada yang berlatih menjadi pelaku bom bunuh diri khusus.”

Setelah beberapa saat bernegosiasi, pemimpin unit senior pasukan khusus Taliban itu setuju untuk membiarkan tim jurnalis New York Post masuk ke markas mereka.

Tim jurnalis itu melewati jalan beton retak tempat anak-anak biasa bermain dan masuk ke kantor dengan senapan M240 Amerika menunjuk ke pintu dan rantai amunisi siaga.

Batalion ini dilengkapi dengan peralatan Amerika yang canggih, termasuk seragam kamuflase, pelindung tubuh, Humvee, kacamata penglihatan malam, karabin M4, dan M16.

Untuk senjata sampingan mereka, para tentara pasukan khusus Taliban itu membawa Glock baru yang mengkilap dan pistol tangan 1911.

“Kami tidak memiliki pelatihan resmi ketika kami bergabung dengan Taliban,” kata Badry, 29, penduduk asli Provinsi Helmand, menjelaskan sambil tertawa.

"Kami baru saja mendapatkan senjata dan memulai," katanya lagi.

"Seseorang harus telah melakukan tindakan khusus yang dirancang untuk perintah ini sebelum dipilih untuk pelatihan," lanjut Badry.

Adapun pelaku bom bunuh diri, dia dan sesama tentara papan atas, Kari Omadi Abdullah, 26, sependapat bahwa mereka kewalahan dengan orang-orang yang ingin dipilih sebagai kader "terhormat" itu.

“Ini bukan tentang memilih dalam kasus ini. Ini tentang semangat,” kata Badry dengan antusias.

"Ada beberapa petempur yang bahkan datang kepada kami menangis dan memohon, bertanya mengapa kami tidak memilih mereka untuk regu bunuh diri.”

Para pria dari pasukan khusus itu mengatakan bahwa pelatihan berlangsung antara 40 hari hingga enam bulan, tergantung pada misi, dan melibatkan pekerjaan taktis intensif dan studi agama.

Para ahli mengatakan sebagian besar rekrutan berasal dari keluarga miskin dan sebagian besar tidak berpendidikan. Lainnya ditangkap oleh pasukan intelijen Afghanistan sebelum mereka dapat melakukan serangan.

Para rekrutan sebelumnya mengatakan bahwa program pelatihan mereka memerlukan penggunaan tangan yang panjang melalui lereng gunung, tetapi sebagian besar berasal dari persiapan spiritual dan komitmen yang tidak terkendali untuk tujuan tersebut.

Seorang pembom bunuh diri terlatih dari brigade "Badri 313" mengaku pernah diperintahkan untuk menyerang Kedutaan Besar Jerman di kota utara Mazar-e-Sharif pada akhir 2016 ketika usianya saat itu baru 17 tahun. Namun, dia saat itu pingsan dan tidak bisa melakukannya.

Ada juga personel di tim penyerang yang mengaku telah membunuh sekitar enam orang dan melukai lebih dari 100 orang. Dia mengatakan pernah dilatih di dekat perbatasan Pakistan. Minggu-minggu pertama melibatkan ajaran Islam yang berat, diikuti dengan senjata dan latihan fisik.

Nama pasukan khusus yang beroperasi dari bekas gedung TK di Kabul itu diambil dari nama Perang Badar sekitar 1.400 tahun yang lalu sebagai bentuk penghormatan. Menurut mereka, 313 orang tentara Nabi Muhammad mencatatkan kemenangan militer melawan pasukan Quraisy yang jauh lebih besar dalam Perang Badar.

Pasukan khusus itu juga dilaporkan terkait erat dengan Jaringan Haqqani, yang bersekutu dengan al-Qaeda. Terlebih lagi, Jaringan Haqqani telah lama mendukung kemenangan “Tentara Badri”, menunjukkan bahwa semuanya sama.

Diperkirakan jumlah anggota pasukan khusus itu mencapai ratusan orang, dari milisi yang sangat terlatih hingga ahli dalam pertempuran.

Menurut Badry, ada sekitar 300 anggota berada di dalam dan sekitar Kabul. “Sekolah kami dipenuhi para petempur,” kata Abdul Latif Amari, komandan muda brigade "313 Badri".

Orang-orang di pasukan khusus itu memberi tahu bahwa usia rata-rata tentara "Badri 313" adalah antara 25 hingga 30 tahun, dan para pelaku bom bunuh diri adalah biasanya berusia sekitar 20 tahun ke atas.

Memang, misi bunuh diri selama dekade terakhir menjadi inti dari strategi kelompok pemberontak Taliban saat itu untuk menanamkan rasa takut dan akhirnya menguasai negara. Meledakkan diri hingga berkeping-keping atas nama kemartiran dipandang sebagai tindakan yang dihormati. Bahkan putra Pemimpin Tertinggi Imarah Islam Afghanistan yang baru, Haibatullah Akhundzada, dilaporkan telah menjadi pelaku bom bunuh diri.

Serangan bom bunuh diri menjadi hal biasa setelah penarikan misi NATO yang pertama pada akhir tahun 2014. Pembantaian dengan cara seperti itu—yang terutama menargetkan pasukan keamanan Afghanistan—tidak henti-hentinya. Taliban telah mengeklaim bertanggung jawab atau dicurigai mendalangi serangan dalam beberapa tahun terakhir di mana-mana mulai dari kantor polisi hingga lingkungan Muslim Syiah pada jam-jam sibuk di Kabul, hingga di luar kantor pemilu Afghanistan dan yang terbaru di luar kediaman Menteri Pertahanan Bismillah Khan Mohammadi yang menewaskan delapan orang. Serangan itu hanya dua belas hari sebelum mereka mengambil alih ibu kota.

Setelah Kabul jatuh ke tangan Taliban bulan lalu, Taliban sesumbar bahwa brigade "Badri 313" dengan cepat mengamankan istana presiden dan kemudian mengambil alih bandara Kabul di tengah hiruk pikuk evakuasi tentara dan warga AS.

Pasukan "Badri 313" bahkan memparodikan AS dalam sebuah posting di media sosial, di mana mereka berpose mirip gambar ikonik tentara Amerika yang mengibarkan bendera nasional Amerika Serikat di pulau Iwo Jima pada tahun 1945. Para personel pasukan khusus Taliban itu berpose mirip dengan mengibarkan bendera putih-hitam bertuliskan syahadat untuk menandakan kemenangan Taliban Afghanistan.

Sejak kemenangan mereka dalam merebut Kabul, orang-orang dari pasukan khusus itu mengatakan bahwa mereka dibanjiri permintaan untuk bergabung.

“Kami memiliki rekrutan yang tidak terbatas. Jika kita menangkap satu pencuri, 40 orang kemudian datang untuk mengumpulkan jumlah kita untuk bergabung juga," kata Amari sambil menambahkan bahwa mereka menerima orang asing juga.

Sementara para petempur sekarang menggemakan pesan "perdamaian" di negara yang ditaklukkan, tidak ada indikasi bahwa sekolah bunuh diri akan berhenti. Orang-orang itu juga menjelaskan bahwa persenjataan berat mereka dan membangun Angkatan Udara adalah fokus berikutnya dalam agenda item.

“Kami akan memusatkan pelatihan kami pada senjata besar, serta helikopter, jet, apa pun yang tersedia,” lanjut Amari. “Kami melatih ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami bisa melakukannya.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)