Afghanistan yang Dipimpin Taliban Akan Runtuh karena Kekurangan Uang

Jum'at, 10 September 2021 - 14:10 WIB
loading...
Afghanistan yang Dipimpin Taliban Akan Runtuh karena Kekurangan Uang
Para milisi Taliban menduduki istana presiden Afghanistan setelah Presiden Ashraf Ghani melarikan diri, Minggu (15/8/2021). Foto/Screenshot Al Jazeera/Twitter @latikambourke
A A A
KABUL - PBB mengatakan Afghanistan , yang sekarang dipimpin Taliban , akan runtuh dan bahkan mengalami kehancuran bersejarah karena kekurangan uang.

Deborah Lyons, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB di Afghanistan, meminta negara-negara di dunia untuk mengalirkan dana bantuan ke negara yang dilanda kemiskinan tersebut.



Dia juga menyerukan kepada negara-negara di dunia untuk memberikan kesempatan kepada Taliban yang mengambil alih kekuasaan Afghanistan untuk membentuk pemerintahan dan menghadapi penurunan ekonomi yang parah.

"Sebuah modus vivendi harus ditemukan—dan dengan cepat—yang memungkinkan uang mengalir ke Afghanistan untuk mencegah kehancuran total ekonomi dan tatanan sosial," kata Lyons dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, seperti dikutip AFP, Jumat (10/9/2021).

"Jika tidak, hasilnya adalah kemerosotan ekonomi yang parah yang dapat membuat jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan dan kelaparan, dapat menghasilkan gelombang besar pengungsi dari Afghanistan dan memang membuat Afghanistan mundur dari generasi ke generasi," paparnya.

Dia memperingatkan bahwa pemerintah Afghanistan yang baru tidak dapat membayar gaji dan menyuarakan kekhawatiran atas badai krisis termasuk mata uang yang jatuh, kenaikan tajam harga makanan dan bahan bakar, dan kurangnya uang tunai di bank swasta.



Donor asing yang dipimpin oleh Amerika Serikat menyediakan lebih dari 75 persen pengeluaran publik di bawah 20 tahun pemerintah Afghanistan yang didukung Barat—dan dengan cepat menghentikan pembayaran karena pemerintahan tersebut runtuh bulan lalu di tengah penarikan militer AS.

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah menyuarakan keterbukaan pada bantuan kemanusiaan tetapi mengatakan bahwa setiap jalur kehidupan ekonomi langsung, termasuk mencairkan sekitar USD9,5 miliar aset bank sentral Afghanistan, akan bergantung pada tindakan Taliban termasuk mengizinkan perjalanan yang aman bagi orang-orang untuk pergi dari negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)