Putin Anugerahi Gelar Pahlawan pada Menteri yang Tewas di Kutub Utara

Kamis, 09 September 2021 - 20:42 WIB
loading...
Putin Anugerahi Gelar Pahlawan pada Menteri yang Tewas di Kutub Utara
Presiden Rusia, Vladimir Putin menganugerahkan gelar Pahlawan Rusia kepada mendiang Menteri Darurat Yevgeny Zinichev yang tewas di Kutub Utara. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin menandatangani dekrit yang secara anumerta menganugerahkan gelar Pahlawan Rusia kepada mendiang Menteri Darurat Yevgeny Zinichev yang tewas di Kutub Utara. Zinichev tewas saat mencoba menolong seseorang yang jatuh dari tebing.

"Putin, dalam dekritnya, menganugerahkan Jenderal Angkatan Darat Zinichev gelar Pahlawan Rusia secara anumerta untuk kepahlawanan, keberanian, dan keberanian yang ditunjukkan ketika dia melakukan tugas resminya," kata Kremlin, seperti dilansir Tass pada Kamis (9/9/2021).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Zinichev berada di Kutub Utara untuk mengawasi latihan skala besar.Selain itu, papar kementerian itu, pria berusia 55 tahun tersebut juga mengunjungi lokasi pembangunan stasiun pemadam kebakaran baru di Norilsk, serta tim pencarian dan penyelamatan di daerah itu.

Menurut laporan, sang menteri sedang berdiri di tepi tebing, ketika seorang juru kamera terpeleset dan jatuh. Zinichev segera terjun dari tebing dalam upaya menyelamatkan korban dari air, tetapi menghantam batu dan mendapatkan luka serius.

Mereka berdua dirawat di rumah sakit tetapi meninggal di atas helikopter layanan darurat. Baca juga: Taliban Berkuasa, India dan Rusia Perdalam Kerja Sama Anti Teroris

"Kementerian Situasi Darurat Rusia dengan menyesal menginformasikan bahwa Yevgeny Zinichev meninggal secara tragis dalam menjalankan tugas ketika dia menyelamatkan nyawa seseorang di latihan antardepartemen untuk melindungi zona Arktik dari keadaan darurat," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Sebelum menjadi menteri, Zinichev memegang sejumlah pekerjaan termasuk sebagai Wakil Direktur Dinas Keamanan Federal. Dia juga adalah mantan pengawal dan pembantu pribadi Putin.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)