Gempa Kuat Mengguncang Gedung-gedung di Mexico City

Rabu, 08 September 2021 - 11:45 WIB
loading...
Gempa Kuat Mengguncang Gedung-gedung di Mexico City
Warga keluar karena panik diguncang gempa di Mexico City, Meksiko. Foto/REUTERS
A A A
MEXICO CITY - Gempa kuat mengguncang kota resor Pasifik Acapulco pada Selasa malam (7/9) waktu setempat, menyebabkan gedung-gedung bergoyang di Mexico City yang berjarak 200 mil dari pusat gempa.

Meski demikian, para pejabat mengatakan tidak ada laporan awal tentang kerusakan serius atau cedera.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa itu berkekuatan 7,0 skala Richter (SR) dan berpusat di 17 kilometer (sekitar 10 mil) timur laut Acapulco.



“Kami mendengar suara keras dari gedung, suara dari jendela, barang-barang jatuh di dalam rumah, listrik padam,” ujar Sergio Flores, warga Acapulco yang dihubungi melalui telepon.



"Kami mendengar air bocor, air keluar dari kolam dan Anda mendengar orang-orang berteriak, orang-orang yang sangat gugup," papar dia.

Yang bisa dia lakukan ketika mulai gemetar adalah memeluk istrinya, menurut Flores. Dia melihat orang-orang meninggalkan hotel di sekitar teluk dan beberapa berlari ke tempat parkir untuk memindahkan mobil mereka, takut gedung ambruk.

“Kami semua khawatir tentang beberapa perubahan di laut, tetapi sejauh ini pihak berwenang belum mengatakan apa-apa tentang peringatan tsunami,” tutur dia.

Walikota Acapulco, Adela Roman, mengatakan kepada outlet berita televisi Milenio, “Tidak ada situasi yang benar-benar serius sejauh ini dan tidak ada laporan mengenai korban.”

“Ada gangguan kepanikan, orang khawatir karena ada gempa susulan,” tutur dia, seraya menambahkan, “Banyak kebocoran gas di banyak tempat serta beberapa tanah longsor dan tembok yang runtuh.”

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan melalui Twitter bahwa pihak berwenang di empat negara bagian yang paling merasakan gempa mengatakan kepadanya tidak ada korban atau kerusakan serius selain beberapa tembok yang runtuh dan bebatuan yang jatuh.

“Untungnya tidak ada kerusakan serius. Untungnya, sejauh ini kami tidak memiliki informasi tentang hilangnya nyawa,” ungkap dia.

Pertahanan Sipil Nasional Meksiko mengatakan sedang melakukan peninjauan di 10 negara bagian, tetapi belum menerima laporan tentang korban atau kerusakan serius.

Di Mexico City, tanah berguncang selama hampir satu menit di beberapa bagian ibu kota, tetapi gempanya kurang terlihat di bagian lain. Beberapa orang mengevakuasi bangunan mereka sebentar, tetapi cepat kembali ke dalam rumah pada malam itu karena hujan.

Pihak berwenang Mexico City mengatakan tidak ada laporan awal tentang kerusakan signifikan di kota itu, meskipun mereka mengatakan listrik padam di beberapa lingkungan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)