Angkatan Udara AS Dituduh Menghina Militer China Selama Operasi Pengintaian

Selasa, 07 September 2021 - 23:31 WIB
loading...
Angkatan Udara AS Dituduh Menghina Militer China Selama Operasi Pengintaian
Pesawat penginta RC-135S Cobra Ball AS. Foto/Airforce Technology
A A A
BEIJING - Para peneliti di Beijing menuduh Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengolok-olok militer China dengan tanda panggilan yang menghina saat melakukan misi pengintaian berturut-turut di timur laut China.

Inisiatif Penyelidikan Situasi Strategis Laut China Selatan (SCSPI) yang berafiliasi dengan Universitas Peking mengatakan operasi penerbangan oleh RC-135S Cobra Ball Amerika membawa pesawat dalam jarak 26 mil laut dari garis pantai China.

Pelacak penerbangan menunjukkan pesawat Angkatan Udara AS lepas landas dari Pangkalan Udara Kadena di Okinawa, Jepang, dan melakukan pengintaian jarak dekat di Laut Kuning, di lepas kota Qingdao, Shandong. Sifat open source dari pelacak online berarti jarak pesawat dari pantai China sulit ditentukan dengan presisi.

Pada 6 September, sehari setelah 19 pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) melanggar zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, SCSPI men-tweet gambar jalur penerbangan RC-135S di dekat China dan mengatakan pesawat itu telah mengadopsi tanda panggilan "JUNKY81." Lembaga pemikir itu mengartikan tanda panggilan itu sebagai penghinaan.



Huruf Cina untuk "8" dan "1" muncul di bendera resmi PLA dan mengacu pada 1 Agustus 1927, merujuk pada hari Pemberontakan Nanchang dan sekarang dianggap sebagai hari jadi angkatan bersenjata China.

"Apa yang lebih agresif daripada pengawasan jarak sedekat mungkin adalah tanda panggilan hari ini 'JUNKY81,' yang mungkin menyebut nama PLA," kata SCSPI tentang operasi Angkatan Udara AS berturut-turut di timur laut China seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (7/9/2021).

Lembaga penelitian, yang melacak pergerakan militer AS dan sekutu di langit dan perairan terdekat, telah mendokumentasikan peningkatan dalam misi kebebasan navigasi dan penerbangan Amerika dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam sebuah laporan pada bulan Maret, lembaga think tank tersebut mengatakan militer AS telah memberikan tekanan maksimum di Laut China Selatan pada tahun 2020, mengerahkan kapal perang dan pesawat tempur ke wilayah tersebut sementara juga sering transit di Selat Taiwan.

Setelah Carl Vinson Carrier Strike Group Angkatan Laut AS memasuki Laut China Selatan pada 6 September, SCSPI mengatakan pihaknya mendeteksi setidaknya lima pesawat pengintai dan drone AS yang beroperasi di Selat Bashi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)