Rusia Serukan Militer Segera Bebaskan Presiden Guinea

loading...
Rusia Serukan Militer Segera Bebaskan Presiden Guinea
Rusia menyerukan militer untuk segera membebaskan Presiden Guinea, Alpha Conde. Foto/Ist
MOSKOW - Rusia menyerukan militer untuk segera membebaskan Presiden Guinea , Alpha Conde. Pasukan khusus Guinea menangkap Conde pada hari Minggu dan mengumumkan bahwa mereka telah membubarkan pemerintah, dan konstitusinya serta menutup perbatasan darat dan udara.

Moskow memiliki sejarah panjang hubungan dengan Conakry, mulai dari perdagangan dan kerjasama ekonomi selama masa Uni Soviet, dan saat ini difokuskan terutama pada bisnis logam. Baca juga: Pasukan Khusus Lakukan Kudeta Militer dan Tangkap Presiden Guinea

“Kami menentang setiap upaya perubahan kepemimpinan yang tidak konstitusional," kata Kementerian Luar NegeriRusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/9/2021).

"Kami menuntut pembebasan Tuan Conde dan jaminan kekebalannya. Kami menganggap perlu untuk mengembalikan situasi di Guinea ke norma konstitusional sesegera mungkin,” sambungnya.



Sebelumnya diwartakan, Kepala pasukan khusus Guinea, Mamady Doumbouya, mengatakan "kemiskinan dan korupsi endemik" telah mendorong pasukannya untuk mencopot Conde dari jabatannya.

Conde, yang keberadaannya tidak jelas, memenangkan pemilihan presiden untuk masa jabatan ketiga pada Oktober setelah mengubah konstitusi untuk memungkinkan dia mencalonkan diri lagi. Baca juga: AS Kecam Pasukan Khusus Guinea Mengudeta Presiden Conde

Hal itu menyebabkan protes keras dari oposisi, dan dalam beberapa pekan terakhir pemerintah telah meningkatkan pajak secara tajam untuk mengisi kembali kas negara dan menaikkan harga bahan bakar sebesar 20 persen, menyebabkan frustasi yang meluas.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top