Rusia Serukan Militer Segera Bebaskan Presiden Guinea

Senin, 06 September 2021 - 21:13 WIB
loading...
Rusia Serukan Militer Segera Bebaskan Presiden Guinea
Rusia menyerukan militer untuk segera membebaskan Presiden Guinea, Alpha Conde. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Rusia menyerukan militer untuk segera membebaskan Presiden Guinea , Alpha Conde. Pasukan khusus Guinea menangkap Conde pada hari Minggu dan mengumumkan bahwa mereka telah membubarkan pemerintah, dan konstitusinya serta menutup perbatasan darat dan udara.

Moskow memiliki sejarah panjang hubungan dengan Conakry, mulai dari perdagangan dan kerjasama ekonomi selama masa Uni Soviet, dan saat ini difokuskan terutama pada bisnis logam.

“Kami menentang setiap upaya perubahan kepemimpinan yang tidak konstitusional," kata Kementerian Luar NegeriRusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/9/2021).

"Kami menuntut pembebasan Tuan Conde dan jaminan kekebalannya. Kami menganggap perlu untuk mengembalikan situasi di Guinea ke norma konstitusional sesegera mungkin,” sambungnya.

Sebelumnya diwartakan, Kepala pasukan khusus Guinea, Mamady Doumbouya, mengatakan "kemiskinan dan korupsi endemik" telah mendorong pasukannya untuk mencopot Conde dari jabatannya.

Conde, yang keberadaannya tidak jelas, memenangkan pemilihan presiden untuk masa jabatan ketiga pada Oktober setelah mengubah konstitusi untuk memungkinkan dia mencalonkan diri lagi.

Hal itu menyebabkan protes keras dari oposisi, dan dalam beberapa pekan terakhir pemerintah telah meningkatkan pajak secara tajam untuk mengisi kembali kas negara dan menaikkan harga bahan bakar sebesar 20 persen, menyebabkan frustasi yang meluas.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)