Yoshihide Suga akan Mundur sebagai Perdana Menteri Jepang

Jum'at, 03 September 2021 - 17:54 WIB
loading...
A A A
"Jujur, saya terkejut. Ini benar-benar disesalkan. Dia melakukan yang terbaik tetapi setelah mempertimbangkan dengan cermat, dia membuat keputusan ini," ujar dia.

Bursa saham Jepang naik tajam di tengah berita tersebut, dengan indeks saham Topix ditutup naik 1,6% setelah mencapai level tertinggi dalam tiga dekade.

Pasar keuangan Tokyo telah membuat keuntungan pekan ini di tengah harapan untuk pemerintahan yang lebih kuat menjelang perlombaan kepemimpinan partai berkuasa dan pemilihan umum di akhir tahun.

LDP yang berkuasa akan mengadakan pemilihan pada 29 September untuk memilih presidennya. Pemenang pemilihan kepemimpinan LDP secara luas diharapkan menjadi pemimpin Jepang karena LDP memegang mayoritas parlemen.

Pria berusia 72 tahun yang lahir dari keluarga petani stroberi itu pertama kali terpilih menjadi anggota Dewan Kota Yokohama pada 1987. Pada 1996, dia terpilih untuk Diet Jepang untuk pertama kalinya.

Pada 2005, Perdana Menteri Junichiro Koizumi mengangkatnya sebagai wakil menteri senior urusan dalam negeri dan komunikasi.

Tahun berikutnya, pengganti Koizumi, Shinzo Abe, mempromosikannya menjadi menteri dengan tiga jabatan kabinet, yang dia pegang hingga 2007.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)