Jet Siluman Checkmate Versi Dua Kursi Lebih Diminati Pembeli Asing

Jum'at, 03 September 2021 - 16:25 WIB
loading...
Jet Siluman Checkmate Versi Dua Kursi Lebih Diminati Pembeli Asing
Prototipe Sukhoi Checkmate Fighter baru Rusia ditampilkan di MAKS 2021 International Aviation and Space Salon, di Zhukovsky, di luar Moskow, Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Mengapa Rusia memilih membangun jet tempur bermesin tunggal pertamanya dalam 50 tahun telah diperdebatkan dengan hangat.

Hal itu karena jet bermesin tunggal sering dianggap kurang dapat diandalkan daripada jet bermesin dua. Namun ada satu fakta yang disepakati banyak pihak bahwa nama jet tempur itu dalam bahasa Inggris memperjelas siapa pemenang permainan itu.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan saat jet tempur baru Sukhoi ditujukan untuk ekspor, Rusia tidak akan bergantung pada investasi asing untuk membiayai pembangunan jet tersebut.



Satu prototipe jet tempur generasi kelima diluncurkan Juli lalu di pameran udara MAKS-2021.



Meskipun didasarkan pada teknologi canggih yang sama yang digunakan dalam pembuatan pesawat tempur generasi kelima pertama Rusia, Su-57, Checkmate memiliki sejumlah fitur unik, termasuk mesin jet tunggal, bukan dua, seperti laporan Sputnik saat itu.



Hanya segelintir pesawat tempur generasi kelima yang digunakan di dunia, termasuk Su-57 serta J-20 Weilong China dan F-22 Raptor dan F-35 Lightning II Amerika Serikat.

Dari semua itu, hanya F-35 yang telah dijual ke negara lain. Kini Checkmate secara luas dilihat sebagai pesaing langsung F-35, terutama karena diproyeksikan memiliki harga yang jauh lebih murah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)