Kim Jong-un Terlihat Lebih Kurus, Rakyat Korut Menangis

Kamis, 02 September 2021 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Juni, laporan yang diberikan oleh KCNA mengatakan beberapa warga Korea Utara patah hati atas “penampilan kurus” sang pemimpin. Tidak jelas mengapa dia kehilangan berat badan karena dia selama ini dikenal suka merokok dan minum alkohol.

Profesor Justin Hastings dari Universitas Sydney mengatakan ada kemungkinan Kim kehilangan berat badan karena alasan yang sama sekali berbeda: "untuk menggambarkan dirinya di Korea Utara adalah salah satu kekuatan muda (seperti menunggang kuda dengan penuh kemenangan)".

"Ini sulit dilakukan ketika dia sangat kelebihan berat badan, dia jelas mengalami kesulitan berjalan untuk jarak berapa pun dalam video yang tidak diedit," kata Profesor Hastings kepada Yahoo News Australia.

Profesor Hastings merujuk pada pertemuan yang dilakukan Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 2018, di mana Kim tampaknya mengalami kesulitan berjalan.

“Itu bisa sesederhana dia ingin, atau perlu, menurunkan dan mempertahankan berat badan untuk kesehatannya sendiri, dan untuk mempertahankan citra publik yang berkelanjutan,” katanya.

“Saya juga membayangkan bahwa menjadi gemuk tidak sehat tidak berjalan dengan baik ketika Kim Jong-un baru-baru ini menyatakan bahwa Korea Utara sedang mengalami Arduous March kedua (masa kelaparan) yang disebabkan oleh penutupan perbatasan karena COVID-19.”



Kim pada bulan April mengatakan Korea Utara menghadapi situasi terburuknya. Situasi itu dipicu oleh pandemi COVID-19, penutupan perbatasan, salah urus selama beberapa dekade, dan sanksi Amerika Serikat atas program militernya.

Ada kemungkinan stres bisa menyebabkan penurunan berat badan Kim Jong-un.

Profesor Hastings menambahkan bahkan dalam foto-foto saat ini, Kim "masih jauh lebih berat daripada yang lain".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)