Inggris Pindahkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Jika Skotlandia Merdeka

Kamis, 02 September 2021 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Namun, menurut Financial Times, ada kekhawatiran bahwa landas kontinen akan mencegah kapal selam menyelam dengan cepat, membuat mereka lebih mudah untuk dilacak oleh kekuatan asing.

Rencana ketiga adalah menjadikan Pangkalan Angkatan Laut Faslane dan Coulport yang berada di seberang Inggris, seperti Gibraltar. Gibraltar tercatat sebagai "British Overseas Territory" atau "Wilayah Luar Negeri Inggris".

Namun, rencana ketiga itu akan membutuhkan persetujuan dari pemerintah Skotlandia, yang mungkin sulit dicapai.

Berbicara kepada Financial Times, Tom Plant; direktur kebijakan nuklir di lembaga think tank Royal United Services Institute (RUSI), mengatakan perencanaan kehati-hatian itu "masuk akal".

Dia memperingatkan semua opsi yang tersedia jika Skotlandia meninggalkan Inggris memiliki "kelemahan besar".

"Jika kita berbagi infrastruktur maka mungkin ada persimpangan dengan waktu patroli kapal selam AS," katanya jika Inggris memilih opsi Amerika sebagai tempat baru armada kapal selamnya .

“Begitu kapal di laut, mereka akan tetap mandiri seperti sekarang. Tapi begitu mereka terikat bersama, mereka tidak akan lagi mandiri.”

Pada tahun 2014 mayoritas rakyat Skotlandia memilih untuk tetap menjadi bagian dari Inggris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendesak SNP untuk fokus pada penanganan virus corona Skotlandia, daripada pertanyaan tentang konstitusional.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)