Inggris Pindahkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Jika Skotlandia Merdeka

Kamis, 02 September 2021 - 14:41 WIB
loading...
Inggris Pindahkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Jika Skotlandia Merdeka
Armada Vanguard Angkatan Laut Kerajaan Inggris, yang membawa rudal Trident D5, terancam diusir dari Skotlandia. Foto/PA
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris dilaporkan akan mengeluarkan kapal-kapal selam bersenjata nuklir mereka dari pangkalan mereka di Skotlandia jika Skotlandia memilih merdeka dalam referendum kedua.

Amerika Serikat (AS), Prancis dan Devonport di Inggris menjadi opsi untuk pemindahan kapal-kapal berbahaya tersebut.



Media-media London melaporkan pangkalan untuk armada kapal selam Vanguard Angkatan Laut Kerajaan Inggris di AS, Prancis dan di Devonport telah diperiksa. Armada kapal selam Vanguard membawa rudal Trident D5 berhulu ledak nuklir.

Partai Nasional Skotlandia (SNP), yang berambisi memerdekakan Skotlandia dari Inggris, ingin mengusir armada Vanguard dari pangkalannya di Faslane, Clyde. Ada empat kapal selam di lepas pantai barat Skotlandia tersebut.

Pemimpin SNP yang juga Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon, telah menuntut referendum kedua tentang kemerdekaan Skotlandia. Tuntutan ini muncul setelah pihaknya menyetujui koalisi SNP-Partai Hijau.

Mengutip pejabat senior Inggris, Financial Times melaporkan pada Kamis (2/9/2021) bahwa kapal-kapal bersenjata rudal Trident harus berbasis di luar Inggris jika Skotlandia meninggalkan Inggris.

Pangkalan baru yang disarankan adalah Kings Bay di Georgia, tempat AS menyimpan armada nuklirnya, atau le Longue di Brittany, Prancis.

Proposal alternatif, yang menelan biaya 3-4 miliar poundsterling, akan membuat armada kapal selam itu dipindahkan ke Devonport di Plymouth, Inggris.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)