Popularitas Melejit, Putri Duterte Ditawari Jadi Capres Filipina

Kamis, 02 September 2021 - 12:26 WIB
loading...
Popularitas Melejit, Putri Duterte Ditawari Jadi Capres Filipina
Sara Duterte-Carpio, putri Presiden Rodrigo Duterte, dapat banyak dukungan untuk maju sebagai calon presiden dalam pemilu Filipina tahun depan. Foto/REUTERS/Lean Daval Jr
A A A
MANILA - Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengaku mendapat tawaran dari para politisi untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam pemilu Filipina tahun depan. Para politisi, termasuk ajudan terdekat ayahnya, mengaku siapmenjadicalon wakil presidennya.

Sara Duterte-Carpio, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Davao selatan, menjadi politisi yang populer. Dia unggul dalam berbagai jajak pendapat, tetapi belum mengungkapkan rencana politiknya menjelang batas waktu untuk pendaftaran calon presiden pada Oktober.

Baca juga: Lagi, AS Tak Akan Tekan Israel soal Dugaan Miliki Bom Nuklir

"Anggota Parlemen; Sherwin Gatchalian dan Christopher 'Bong' Go secara pribadi menyatakan tawaran mereka untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden saya," kata Sara dalam posting di akun Facebook resminya, seperti dikutip Reuters, Kamis (2/9/2021).

Tidak jelas kapan Go mengajukan tawaran itu, tetapi unggahan Sara Duterte-Carpio muncul beberapa hari setelah Go menolak dukungan partai yang berkuasa sebagai calon presiden.

Sara Duterte-Carpio mengatakan politisi lain yang mengajukan tawaran adalah mantan menteri pertahanan Gilbert Teodoro.

Pihak Go dan Teodoro belum menanggapi permintaan komentar.

Baca juga: Lukashenko: Rusia Segera Kirim Senjata, Bahkan Mungkin S-400, ke Belarusia

Sara Duterte-Carpio, 43, sebelumnya mengatakan dia terbuka untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

"Apakah dia sudah memutuskan rencananya untuk mencalonkan diri atau tidak, benar-benar ada keributan dari banyak sektor," kata analis politik, Edmund Tayao, kepada Reuters.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1535 seconds (10.55#12.26)