Cegah Jatuh ke Tangan Taliban, AS Hancurkan 150 Lebih Kendaraan dan Pesawat

Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:02 WIB
loading...
Cegah Jatuh ke Tangan Taliban, AS Hancurkan 150 Lebih Kendaraan dan Pesawat
Militer AS hancurkan lebih dari 150 kendaraan dan pesawat sebelum meninggalkan Afghanistan. Foto/Yahoo
A A A
WASHINGTON - Pesawat militer berawak Amerika Serikat (AS) terakhir telah meninggalkan Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, mengakhiri hampir dua dekade perang di Afghanistan . Hal itu diungkapkan Jenderal Kenneth F. McKenzie, kepala Komando Pusat (CENTCOM) AS, Senin sore waktu setempat.

Ditanya tentang peralatan militer yang tertinggal di bandara, McKenzie mengatakan ada yang dibawa keluar. Sistem lain, katanya, adalah "demiliterisasi," yang berarti pasukan AS sengaja menghancurkannya untuk mencegahnya digunakan, CENTCOM menjelaskan kepada Insider.

Sistem anti roket, artileri, dan mortir (C-RAM), yang digunakan untuk menangkis serangan roket di bandara pada hari Senin, dibiarkan tetap online sampai menit terakhir dan kemudian demiliterisasi.



"Kami mendemiliterisasi sistem itu sehingga tidak akan pernah digunakan lagi," kata McKenzie.

"Kami merasa lebih penting untuk melindungi pasukan kami daripada mengembalikan sistem itu," jelasnya seperti dikutip dari Insider, Selasa (31/8/2021).

Jenderal AS itu lebih lanjut menjelaskan bahwa peralatan demiliterisasi termasuk 70 kendaraan anti-ranjau yang dilindungi (MRAP), 27 Humvee, dan 73 pesawat. Banyak dari pesawat itu tidak mampu melakukan misi.

"Mereka tidak akan pernah bisa dioperasikan oleh siapa pun lagi," tegas komandan CENTCOM.

McKenzie menambahkan bahwa beberapa sistem, seperti truk pemadam kebakaran dan front-end loader, dibiarkan beroperasi sehingga bandara dapat memulai kembali operasi sesegera mungkin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)