ISIS Klaim Serangan Bom Bandara Kabul yang Membunuh 12 Tentara AS

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 04:37 WIB
loading...
ISIS Klaim Serangan Bom Bandara Kabul yang Membunuh 12 Tentara AS
Kelompok ISIS mengeklaim bertanggung jawab atas serangan bom di sekitar bandara internasional di Kabul, Afghanistan, yang tewaskan 12 tentara AS. Foto/REUTERS/File Photo
A A A
KABUL - Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan dua bom di area sekitar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan , pada hari Kamis. Serangan bom saat evakuasi ribuan warga asing dan warga Afghanistan itu telah menyebabkan 12 tentara Amerika Serikat (AS) terbunuh.

"Pembom hari ini mampu menembus semua benteng keamanan dan berada dalam jarak lima meter dari pasukan AS sebelum meledakkan sabuk bahan peledaknya," bunyi klaim ISIS melalui media propagandanya; Amaq, yang diterjemahan oleh SITE, Jumat (27/8/2021).



Klaim ISIS tak merinci lokasi serangan bom bunuh diri anggotanya. Namun, diketahui bahwa serangan bom terjadi di Abbey Gate, yang merupakan salah satu gerbang utama bandara, dan di dekat Baron Hotel yang merupakan titik kumpul evakuasi para warga asing.

Komandan Komando Pusat (CENTCOM) Amerika Serikat, Jenderal Kenneth McKenzie, bersumpah bahwa militer Amerika akan membalas serangan bom yang menyebabkan 12 tentaranya tewas.

“Jika kami dapat menemukan siapa yang terkait dengan [serangan] ini, kami akan mengejar mereka. Kami telah jelas selama ini, bahwa kami mempertahankan hak untuk beroperasi melawan ISIS di Afghanistan dan kami bekerja sangat keras sekarang untuk menentukan atribusi, untuk menentukan siapa yang terkait dengan serangan pengecut ini dan kami siap untuk mengambil tindakan terhadap mereka," kata Jenderal McKenzie yang dilansir Al Arabiya, Jumat (27/8/2021).

Juru bicara Pentagon, John Kirby, mengonfirmasi ada dua ledakan bom. "Kami dapat mengonfirmasi bahwa ledakan di Abbey Gate adalah hasil dari serangan kompleks yang mengakibatkan sejumlah korban [militer] AS dan sipil," tulis Kirby di Twitter.

"Kami juga dapat mengonfirmasi setidaknya satu ledakan lain di atau di dekat Baron Hotel, tidak jauh dari Abbey Gate," lanjut Kirby.

Baron Hotel, sekitar 200 meter dari Abbey Gate, telah digunakan oleh beberapa negara Barat sebagai titik awal untuk evakuasi sejak pengangkutan udara dimulai pada 14 Agustus.

“Serangan di Abbey Gate diikuti oleh sejumlah pria bersenjata ISIS yang menembaki warga sipil dan pasukan militer. Saat ini, kita tahu bahwa 12 anggota tentara AS tewas dalam serangan itu dan 15 anggota lainnya terluka. Sejumlah warga sipil Afghanistan juga tewas dan terluka dalam serangan itu,” kata McKenzie.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)