Parahnya Biden, Tak Tahu Apa dan Berapa Senjata AS yang Dirampas Taliban

Selasa, 24 Agustus 2021 - 12:47 WIB
loading...
A A A
"Kami tidak memiliki gambaran yang lengkap, jelas, ke mana setiap artikel dari bahan pertahanan telah pergi, tetapi tentu saja cukup banyak dari itu telah jatuh ke tangan Taliban," kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan pekan lalu.

"Dan jelas, kami tidak memiliki perasaan bahwa mereka akan dengan mudah menyerahkannya kepada kami di bandara."

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, pekan lalu menolak merinci kemungkinan penghancuran peralatan, dengan mengatakan fokus militer bukan pada operasi evakuasi. Namun, Milley mengatakan kepada wartawan bahwa; "Kami jelas memiliki kemampuan."

Para anggota Komite Pengawas Pemerintah Parlemen AS mengatakan pada hari Senin bahwa mereka khawatir senjata yang tidak ditemukan dapat menimbulkan risiko keamanan.

“Kami bertanya-tanya apakah Administrasi Biden memiliki rencana untuk mencegah Taliban menggunakan senjata kami melawan AS atau sekutunya, atau menjualnya ke musuh asing, seperti China, Rusia, Iran, atau Korea Utara,” tulis mereka.

Para Senator juga mengangkat kekhawatiran serupa minggu lalu.

“Tidak masuk akal bahwa peralatan militer berteknologi tinggi yang dibayar oleh pembayar pajak AS telah jatuh ke tangan Taliban dan sekutu teroris mereka,” tulis mereka dalam sebuah surat yang dipelopori oleh Senator Marco Rubio.

“Mengamankan aset AS seharusnya menjadi salah satu prioritas utama bagi Departemen Pertahanan AS sebelum mengumumkan penarikan dari Afghanistan,” lanjut surat mereka.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)