Rusia Terindikasi Bersiap Uji Coba Rudal Skyfall Bertenaga Nuklir

Kamis, 19 Agustus 2021 - 03:24 WIB
loading...
A A A
Pada saat itu, Lewis mengatakan kepada CNN bahwa citra satelit menunjukkan insiden itu mungkin terkait dengan pengembangan rudal jelajah bertenaga nuklir.

Rusia melakukan setidaknya satu uji terbang rudal jelajah bertenaga nuklir dari situs yang sama di dekat Lingkaran Arktik pada November 2017. Moskow dilaporkan melakukan beberapa tes lain di bulan-bulan berikutnya, meskipun tidak ada yang dianggap berhasil.

Pada Maret 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin merilis video uji coba rudal jelajah bertenaga nuklir, yang memungkinkan peneliti open-source, termasuk analis di Middlebury Institute, untuk mengidentifikasi lokasi.

Para peneliti telah memantau situs ini dalam beberapa bulan terakhir dan citra satelit yang diambil oleh perusahaan pencitraan satelit komersial Planet selama musim panas menunjukkan kapal kargo mengunjungi lokasi itu dan persediaan menumpuk di area pendukung.



Baru-baru ini, Rusia mengeluarkan peringatan "pemberitahuan kepada pelaut" tentang operasi berbahaya yang akan dilakukan antara 15 hingga 20 Agustus di dekat lokasi uji Burevestnik yang diketahui dekat Pankovo di Novaya Zemlya.

"Sebuah gambar radar resolusi tinggi yang diambil pada 16 Agustus menunjukkan personel Rusia telah mendirikan tempat perlindungan lingkungan yang besar untuk melindungi rudal dan kru mempersiapkan peluncuran dari cuaca buruk," kata Lewis.

"Tempat perlindungan ini ditarik, memperlihatkan objek besar di landasan peluncuran, yang kemungkinan merupakan peluncur SSC-X-9 Skyfall," katanya. "Ada juga sejumlah besar objek di sebelah landasan peluncuran yang kemungkinan merupakan kendaraan dan kontainer pengiriman. Tak satu pun dari tanda tangan ini muncul terakhir kali situs itu dicitrakan secara optik pada bulan Juni."

Rusia telah memodernisasi senjata nuklir strategis dan sistem pengiriman untuk melawan AS dan NATO dan memperkuat klaimnya sebagai kekuatan militer utama, meningkatkan kekhawatiran perlombaan senjata nuklir lainnya karena AS juga mulai meningkatkan persenjataan nuklirnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)