Ribuan Warga Afghanistan Masuk Pakistan Lewat Perlintasan Chaman

Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:45 WIB
loading...
Ribuan Warga Afghanistan Masuk Pakistan Lewat Perlintasan Chaman
Ribuan orang melintasi perlintasan perbatasan Chaman/Spin Boldak antara Afghanistan dan Pakistan. Foto/Al Jazeera
A A A
KABUL - Ribuan warga Afghanistan memasuki Pakistan melalui penyeberangan perbatasan Spin Boldak/Chaman di tenggara Afghanistan.

Gelombang pengungsi itu terjadi setelah Taliban mengambil alih Afghanistan awal pekan ini. Mereka termasuk para pasien yang mencari perawatan medis dan para tahanan yang dibebaskan Taliban.

“Pada Selasa (17/8), perbatasan tetap terbuka untuk semua warga Afghanistan yang membawa dokumen identitas Afghanistan yang sah atau bukti menjadi penduduk pengungsi Afghanistan yang terdaftar di Pakistan,” ungkap para pengungsi dan pihak berwenang Afghanistan kepada Al Jazeera.



Di antara mereka yang menyeberang ke Pakistan, tampaknya ada rasa lega yang terlihat pada akhir perang yang telah berlangsung hampir 20 tahun.



Perang telah merenggut lebih dari 47.000 nyawa warga sipil Afghanistan sejak 2001, menurut data dan penelitian PBB yang dilakukan Brown University yang berbasis di Amerika Serikat (AS).



“Saat ini tidak ada daerah yang ada kekerasan, karena seluruh Afghanistan sekarang berada di tangan Taliban,” ujar Abdullah, warga kota Kandahar, yang menyeberang ke Pakistan pada Selasa (17/8).

“Sekarang damai, dan orang-orang membuka toko mereka, melakukan bisnis mereka dan pergi ke pekerjaan mereka juga. Tidak ada kesulitan sekarang,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)