Inilah Tujuh Calon Perdana Menteri Malaysia Baru, Para Senior Bertarung Lagi

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:33 WIB
loading...
A A A
Hishammuddin Hussein, 60, adalah menteri luar negeri di kabinet Muhyiddin dan baru-baru ini menjadi berita utama karena memanggil duta besar China untuk memprotes penerbangan dengan pesawat angkatan udara di atas Laut China Selatan yang menurutnya melanggar wilayah udara dan kedaulatan Malaysia.

Dia juga menjadi menteri senior yang mengawasi keamanan pada Juli ketika Muhyiddin berusaha menopang dukungan dari UMNO.

Sebagai putra tertua dari perdana menteri ketiga Malaysia, Hishammudin tetap populer di UMNO dan menjadi wajah publik negara itu dalam pencarian penerbangan Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 2014.

Keenam, Anwar Ibrahim

Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, 74, sejauh ini gagal menunjukkan dia dapat memimpin mayoritas meskipun berulang kali mengajukan tawaran untuk jabatan puncak.

Pernah menjadi bintang yang sedang naik daun di UMNO dan mantan wakil perdana menteri, Anwar Ibrahim dipandang sebagai penerus Mahathir pada 1990-an sebelum dia dipecat setelah krisis keuangan Asia dan dipenjara karena tuduhan sodomi dan penyalahgunaan kekuasaan. Tuduhan itu dia bantah .

Dia dihukum pada 2014 atas tuduhan sodomi berikutnya dan dipenjara lagi pada 2015 ketika bandingnya ditolak.

Partai Anwar bergabung dengan Mahathir untuk merebut kekuasaan dari UMNO dalam jajak pendapat 2018 untuk membentuk pemerintahan, yang mengarah pada pengampunan pemimpin oposisi dan pembebasan dari penjara.

Namun, aliansi dan pemerintah terurai tahun lalu ketika Mahathir berulang kali menunda keputusannya berjanji akan menyingkir bagi Anwar untuk menjadi perdana menteri.

Ketujuh, Mahathir Mohammad
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)