Taliban Sukses Rebut Jalalabad, Kabul Terkepung dari Tiga Arah

Minggu, 15 Agustus 2021 - 15:38 WIB
loading...
Taliban Sukses Rebut Jalalabad,  Kabul Terkepung dari Tiga Arah
Taliban sukses menduduki Jalalabad, setelah pemerintah kota tersebut menyerah. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Taliban sukses menduduki kota Jalalabad, yang membuat Ibu Kota Afganistan, Kabul terkepung dari tigar arah. Taliban sukses menduduki Jalalabad, setelah pemerintah kota tersebut menyerah.

Jalalabad adalah Ibu Kota Provinsi Nangarhar. Kota ini merupakan salah satu kota utama dan kunci di Afghanistan karena berbatasan langsung dengan Pakistan.

"Kota Jalalabad, pusat Nangarhar, benar-benar “ditaklukkan”,” kata juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahed dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (15/8/2021).

“Beberapa saat sebelumnya, gubernur, intelijen, kepala polisi menyerah dan semua fasilitas direbut oleh 'Mujahidin'. Semua alat, perlengkapan dan sumber daya di provinsi itu juga jatuh ke tangan 'Mujahidin’,” sambungnya.

Padar hari Jumat, Taliban juga sukses merebut Mazar-e-Sharif, yang merupakan gerbang utama Afghanistan ke negara-negara Asia Tengah. Baca juga: 'Singa Herat' Dijinakkan, Panglima Perang Ismail Khan Kini Gabung Taliban

Jatuhnya Mazar-e-Sharif merupakan kerugian besar dalam hal kepentingan strategisnya di jantung provinsi utara. Ini juga adalah markas regional tentara dan benteng utama politisi kunci seperti Abdul Rasheed Dostum, Atta Muhammad Noor dan Muhammad Muhaqiq.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)