AS Berharap Pasukan Afghanistan Bisa Pukul Mundur Taliban

Minggu, 15 Agustus 2021 - 01:02 WIB
loading...
AS Berharap Pasukan Afghanistan Bisa Pukul Mundur Taliban
Amerika Serikat (AS) berharap pasukan pemerintah Afghanistan bisa memukul mundur Taliban. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berharap pasukan pemerintah Afghanistan bisa memukul mundur Taliban. AS juga mengatakan bahwa mereka memantau dengan penuh keprihatinan situasi di Afghanistan.

“Kami tentu prihatin dengan kecepatan gerakan Taliban. Kami tentu telah mengamati apa yang dilakukan Taliban. Kami telah mencatat dan kami telah mencatat dengan sangat prihatin kecepatan gerakan mereka, dan kurangnya perlawanan yang mereka hadapi,” kata juru bicara Pentagon, John Kirby.

"Kami ingin melihat kemauan dan kepemimpinan politik (pemerintah Afghanistan), kepemimpinan militer yang dibutuhkan di lapangan, kami masih ingin melihat itu, dan kami berharap bisa melihatnya," sambung Kirby.

Kirby, seperti dilansir Tass padaMinggu (15/8/2021), mengatakan bahwa Washington percayaserangan udara AS tidak dapat membalikkan situasi di lapangan di Afghanistan.

"Serangan dan kemampuan di luar cakrawala masih ada, tetapi kami tidak pernah mengatakan bahwa serangan udara adalah obat mujarab," katanya.

“Kami tidak pernah berpendapat bahwa serangan udara kami di udara akan mengubah keadaan di darat. Apa yang kami katakan adalah bahwa Afghanistan memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Dan kami masih percaya bahwa mereka dapat membuat perbedaan di lapangan,” ujarnya.

Dia menuturkan bahwa hanya pasukan Afghanistan, melalui serangan darat, yang bisa membuat perbedaan langsung. Meski demikian, dia menyebut AS akan mencoba untuk membantu melalui udara.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)