Tegang dengan Iran, Direktur CIA Bersiap Temui Bos Mossad Israel

Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:01 WIB
loading...
Tegang dengan Iran, Direktur CIA Bersiap Temui Bos Mossad Israel
Direktur CIA Amerika Serikat Bill Burns bersiap bertemu kepala Mossad di tengah ketegangan yang memanas antara Israel dan Iran. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Direktur Badan Intelijen Pusat ( CIA ) Amerika Serikat (AS) Bill Burns akan melakukan perjalanan ke Israel di tengah ketegangan yang memanas dengan Iran. Dia dijadwalkan akan bertemu Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dan Direktur Mossad David Barnea.

Selain Israel, kepala mata-mata Amerika itu juga akan mengunjungi Palestina untuk bertemu para pejabat Ramallah.



Media AS, Axios, dalam laporannya hari Senin, membocorkan rencana perjalanan Burns tersebut.

"Para pejabat Israel mengatakan pembicaraan akan fokus pada program nuklir Iran dan aktivitas regional, dan bahwa Israel berharap untuk mendengar lebih banyak tentang kebijakan AS terhadap pemerintah baru Iran dan kemungkinan kembali ke kesepakatan nuklir 2015," bunyi laporan media Amerika tersebut.

Ketegangan antara Iran dan Israel saat ini sedang memanas setelah serangan drone eksplosif terhadap kapal tanker MV Mercer Street di lepas pantai Oman beberapa waktu lalu. Serangan terhadap kapal yang dikelola perusahaan Israel itu menewaskan dua orang.

Rezim Zionis menuduh Teheran berada di balik serangan mematikan itu. AS dan Inggris mendukung tuduhan yang dilontarkan Israel. Namun, Iran membantah terlibat serangan tersebut.

Di tengah ketegangan itu, para petinggi militer kedua negara saling ancam untuk menyerang.

Lebih lanjut, laporan Axios mengatakan kepala CIA juga akan bertemu dengan Kepala Intelijen Palestina Majid Faraj dan pejabat Palestina lainnya.

Rencana kunjungan Burns muncul kurang dari seminggu setelah delegasi senior Israel mengunjungi Washington untuk membahas Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)