Bom Hiroshima Sudah 76 Tahun Berlalu Tanpa Ada Kata Maaf dari AS

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 12:44 WIB
loading...
A A A
Adapun perjanjian PBB untuk melarang senjata nuklir, yang saat ini memiliki 86 negara penandatangan, Matsui meminta pemerintah Jepang untuk menandatangani dan meratifikasinya untuk melakukan "mediasi produktif" antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir dan non-nuklir.

Jepang telah menolak untuk berpartisipasi dalam Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir bersama dengan negara-negara senjata nuklir dunia karena berada di bawah payung nuklir AS.

Suga, yang menghadiri upacara untuk pertama kalinya sebagai perdana menteri, tidak merujuk pada perjanjian baru dalam pidatonya tetapi mengatakan pemerintah akan terus berusaha untuk membuat konferensi tinjauan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir berikutnya bermanfaat dengan menemukan titik temu antar-negara.

Suga secara tidak sengaja melewatkan bagian dari pidatonya, dan kemudian meminta maaf atas kesalahan tersebut.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf karena melewatkan beberapa bagian pidato saya pada upacara tersebut," kata perdana menteri pada konferensi pers yang diadakan setelah upacara, seperti dikutip Japan Times.

Bagian yang dilewati termasuk referensi ke Jepang sebagai satu-satunya negara yang menderita bom atom dan misinya untuk mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir.

Dia melewatkan satu halaman, dan kesalahan itu diketahui ketika penyiar publik NHK berhenti menampilkan subtitle selama pidatonya pada upacara peringatan Bom Hiroshima.



Dalam sebuah pesan video, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang memutuskan untuk sekali lagi tidak menghadiri upacara karena pandemi, mengatakan, "Satu-satunya jaminan terhadap penggunaan senjata nuklir adalah penghapusan total mereka."

Jumlah tamu dengan kursi dibatasi sekitar 880, kurang dari 10% dari tahun-tahun biasanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)