Timur Tengah Bergolak, PBB Minta Israel-Iran Menahan Diri

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 01:13 WIB
loading...
Timur Tengah Bergolak, PBB Minta Israel-Iran Menahan Diri
DK PBB akan melakukan pertemuan guna membahas serangan terhadap kapal tanker Iserael yang disalahkan kepada Teheran. Foto/ilustrasi
A A A
NEW YORK - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta Iran dan Israel untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat meningkatkan ketegangan di Timur Tengah pasca serangan terhadap kapal tanker Mercer Street di Laut Arab. Imbauan itu dikeluarkan juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam konferensi pers.

"Yang penting bagi semua pihak yang terlibat atau tertarik dalam hal ini untuk menghindari tindakan eskalasi atau retorika yang dapat memperburuk situasi tegang," kata Dujarric seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (6/8/2021).

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB akan melakukan pertemuan guna membahas serangan tersebut. Inggris akan menggunakan pertemuan itu untuk meningkatkan tekanan, meskipun badan yang beranggotakan 15 negara itu diperkirakan tidak akan mengambil tindakan apa pun.

Pada Selasa lalu, Inggris mengatakan kepada DK PBB "sangat mungkin" Iran menggunakan satu atau lebih pesawat tak berawak untuk melakukan serangan kapal tanker yang menewaskan dua anggota awaknya seorang warga Inggris dan seorang Rumania.



"Ada banyak informasi yang saling bertentangan. Analisis 'sangat mungkin', yang kami tolak sepenuhnya. Kami perlu menetapkan fakta...kami tidak perlu terburu-buru mengambil kesimpulan atau tindakan apa pun tanpa memiliki bukti atas apa yang telah terjadi," ucap deputi Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy seperti dikutip dari Reuters.

Pada hari Minggu Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan sekutu mereka untuk menanggapi serangan itu.

"Kami akan melakukan yang diperlukan untuk memastikan bahwa ada akuntabilitas dalam hal ini dan bahwa Iran diidentifikasi dan ditangani di Dewan Keamanan," kata Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield.



Sebelumnya, Israel memperingatkan pihaknya siap untuk menyerang Iran atas dugaan serangan terhadap kapal tanker itu di lepas pantai Oman untuk meminta pertanggungjawabannya.

Teheran sendiri membantah terlibat dalam serangan terhadap Mercer Street, sebuah kapal tanker produk minyak milik Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)