Menghilang, Aktivis Belarusia Ditemukan Telah Jadi Mayat di Taman Kiev

loading...
Menghilang, Aktivis Belarusia Ditemukan Telah Jadi Mayat di Taman Kiev
Seorang aktivis Belarusia ditemukan tewas di taman Kiev, Ukraina, sehari setelah dilaporkan hilang. Foto/Ilustrasi
KIEV - Seorang aktivis Belarusia ditemukan tewas di sebuah taman dekat rumahnya di Kiev, Ukraina pada Selasa (3/8/2021) pagi, sehari setelah ia dilaporkan hilang. Demikian pernyataan Kepolisian Ukraina.

Vitaly Shishov, yang memimpin sebuah organisasi berbasis di Kyiv yang membantu warga Belarusia melarikan diri dari penganiayaan, telah dilaporkan hilang oleh rekannya pada hari Senin setelah tidak pulang sehabis lari.

Polisi mengatakan mereka telah meluncurkan penyelidikan kasus kriminal untuk dugaan pembunuhan tetapi akan menyelidiki semua kemungkinan termasuk pembunuhan yang disamarkan sebagai bunuh diri.

Baca juga: Ceko Tawari Suaka Atlet Belarusia yang Menolak Dipulangkan Minks



"Warga Belarusia Vitaly Shishov, yang menghilang kemarin di Kyiv, ditemukan hari ini digantung di salah satu taman Kyiv, tidak jauh dari tempat tinggalnya," bunyi pernyataan polisi seperti dikutip dari Reuters.

Ukraina, Polandia dan Lithuania telah menjadi surga bagi warga Belarusia yang melarikan diri dari aksi represif Presiden Alexander Lukashenko setelah pemilihan yang disengketakan tahun lalu.

Shishov memimpin kelompok Rumah Belarusia di Ukraina (BDU), yang membantu warga Belarusia menemukan akomodasi, pekerjaan, dan nasihat hukum, menurut situs webnya.

Baca juga: Lithuania Sebut Belarusia Gunakan Migran sebagai 'Senjata'

Organisasi itu mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak dapat menghubungi Shishov. Dikatakan Shishov telah meninggalkan kediamannya pada pukul 9 pagi dan seharusnya kembali satu jam kemudian.

Pihak berwenang Belarusia telah mencap pengunjuk rasa anti-pemerintah sebagai penjahat atau revolusioner kekerasan yang didukung oleh Barat, dan menggambarkan tindakan lembaga penegak hukum sebagai tindakan yang memadai dan perlu.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top