Presiden Rouhani Akhirnya Akui Mossad Israel Curi Arsip Nuklir Iran

Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Agen-agen Mossad masuk ke gedung tempat arsip itu disimpan pada bulan Januari tahun yang sama, mengambil file dan disc, dan menyelundupkannya kembali ke Israel pada malam yang sama.

Akuisisi dokumen dan file yang diambil, yang membuktikan bahwa Iran telah bekerja untuk mengembangkan senjata nuklir, dianggap telah menjadi faktor dalam keputusan pemerintahan Trump untuk menarik diri dari perjanjian nuklir pada Mei tahun itu.

Pada 2019, Netanyahu mengonfirmasi laporan bahwa dia telah memberi tahu Trump tentang rencana Mossad untuk melakukan operasi sebelumnya, serta asumsi bahwa keputusannya untuk mengungkapkan pencurian arsip adalah upaya untuk meyakinkan Amerika Serikat untuk keluar dari kesepakatan nuklir dengan Iran.

“Saya menyetujui operasi ini dengan keyakinan bahwa mengungkap rencana [Iran] akan membantu membujuk presiden Amerika Serikat untuk meninggalkan perjanjian nuklir berbahaya dengan Iran,” kata Netanyahu saat itu.

“Ketika saya bertemu [Trump] di Davos [pada Januari 2018], saya mengatakan kepadanya bahwa saya berencana mengirim orang-orang kami ke jantung Teheran untuk membawa kembali materi arsip.”

Netanyahu kala itu mengatakan dia “tidak ragu” bahwa operasi dan isi arsip nuklir itu adalah faktor kunci dalam keputusan Trump untuk meninggalkan kesepakatan nuklir Iran.

Pemerintahan pengganti Trump, Presiden Joe Biden, telah terlibat dalam negosiasi tidak langsung dengan Iran di Wina yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir itu.

Namun, kedua pihak belum membuat kemajuan yang signifikan dan kemungkinan akan menghadapi rintangan tambahan begitu Rouhani digantikan oleh Ebrahim Raisi yang lebih bergaris keras dalam beberapa hari ke depan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)