Armada Kapal Perang China Dilaporkan Gelar Latihan di Dekat Taiwan

Minggu, 12 April 2020 - 22:52 WIB
loading...
Armada Kapal Perang China Dilaporkan Gelar Latihan di Dekat Taiwan
Kementerian Pertahanann Taiwan mengatakan, sebuah armada Angkatan Laut China yang dipimpin oleh kapal induk pertama negara itu melewati pantai timur dan selatan Taiwan, untuk kemudian melakukan latihan. Foto/Ist
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, sebuah armada Angkatan Laut China yang dipimpin oleh kapal induk pertama negara itu melewati pantai timur dan selatan Taiwan, untuk kemudian melakukan latihan. Keberadaan kapal armada Angkatan Laut China semakin memanaskan hubungan kedua negara.

Taiwan yang diklaim oleh China sebagai wilayah mereka, telah mengeluhkan peningkatan kehadiran militer Beijing di perairan mereka dalam beberapa minggu terakhir. Taipei juga mengatakan kepada Beijing bahwa mereka harus berkonsentrasi memerangi Covid-19 daripada mengancam Taiwan.

"Liaoning, kapal induk operasional pertama China, dan lima kapal perang yang menyertainya pertama-tama melewati Selat Miyako, yang terletak di antara pulau-pulau Jepang Miyako dan Okinawa, di timur laut Taiwan pada hari Sabtu," kata kementerian itu.

"Hari ini, armada kapal perang China itu berlayar di perairan di pantai timur Taiwan dan kemudian ke laut di selatan Taiwan, melakukan latihan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/4/2020).

Angkatan bersenjata Taiwan, lanjut kementerian tersebut, memantau pergerakan armada kapal perang China dan mengambil tindakan yang relevan sebagai tanggapan untuk memastikan keamanan nasional dan melindungi perdamaian dan stabilitas regional.

Namun, kementerian itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan apa yang mereka ambil sebagai respon atas latihan yang digelar armada kapal perang China.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)