Ghani Sebut Penarikan Tiba-tiba Pasukan AS Penyebab Memburuknya Situasi Keamanan di Afghanistan

Senin, 02 Agustus 2021 - 22:13 WIB
loading...
Ghani Sebut Penarikan Tiba-tiba Pasukan AS Penyebab Memburuknya Situasi Keamanan di Afghanistan
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan bahwa penarikan tiba-tiba pasukan AS telah menyebabkan situasi keamanan yang memburuk di negara itu. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan bahwa penarikan 'tiba-tiba' pasukan Amerika Serikat (AS) telah menyebabkan situasi keamanan yang memburuk di negara itu. Penarikan mundur pasukan AS membuat Taliban semakin leluasa melancarkan aksinya di Afghanistan.

Afghanistan telah menyaksikan lonjakan kekerasan sejak pasukan internasional mulai menarik diri dari negara itu. Taliban telah melancarkan serangan ofensif dan menguasai petak-petak tanah yang luas.

Berbicara kepada Parlemen Afghanistan, Ghani menuturkan, dia telah memperingatkan AS bahwa penarikan pasukan secara tergesa-gesa akan berdampak buruk pada keamanan Afghanistan. Namun. sayangnya peringatan itu diacuhkan oleh AS.

"Alasan untuk situasi kami saat ini adalah bahwa keputusan itu diambil secara tiba-tiba. Saya memperingatkan AS bahwa penarikan itu akan memiliki "konsekuensi"," ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (2/8/2021).

Penarikan pasukan tersebut adalah salah satu poin kesepakatan yang disepakati Taliban dan AS di Doha tahun lalu. Bukan hanya AS yang menarik diri, tapi seluruh pasukan NATO juga ditarik keluar dari negara tersebut.

Presiden AS, Joe Biden menuturkan sebagian besar pasukan dijadwalkan keluar dari Afghanistan pada bulan Agustus dan diharapkan seluruh pasukan AS akan keluar pada tanggal 11 September. Tanggal itu dipilih untuk menandai serangan pada 2001, yang menjadi pemicu operasi AS di Afghanistan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)