Pasukan Khusus Afghanistan Habisi 38 Taliban yang Hendak Serbu Penjara

Senin, 02 Agustus 2021 - 15:30 WIB
loading...
Pasukan Khusus Afghanistan Habisi 38 Taliban yang Hendak Serbu Penjara
Personel pasukan khusus Afghanistan saat menjalani misi tempur di Kandahar, 11 Juli 2021. Foto/REUTERS/Danish Siddiqui/File Photo
A A A
KABUL - Pasukan khusus militer Afghanistan telah menewaskan 38 anggota kelompok Taliban dan melukai dua lainnya ketika kelompok itu mencoba menyerbu sebuah penjara di kota barat daya Lashkar Gah.

Pertempuran mematikan itu disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Fawad Aman, Senin (2/8/2021).



Pertempuran pecah antara pasukan khusus Afghanistan dan Taliban di kota itu pada Minggu malam.

Menurut Fawad Aman militer Kabul mengerahkan ratusan pasukan khusus di Lashkar Gah pada hari yang sama untuk melindungi penduduk setempat.

"Serangan teroris Taliban di pusat penjara Lashkar Gah, provinsi Helmand gagal tadi malam. Dari 40 teroris yang menyerang penjara, 38 tewas dan 2 terluka," tulis Aman di Twitter via akun @FawadAman2.

Kekerasan telah meningkat di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir ketika Taliban meningkatkan serangannya setelah pasukan internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) mulai menarik diri dari negara itu sejak Mei lalu.



Penarikan pasukan asing adalah salah satu poin dari kesepakatan yang dicapai Taliban dan Amerika Serikat di Doha pada Februari tahun lalu. Penarikan total pasukan asing berakhir pada akhir Agustus ini.

Kelompok Taliban belum berkomentar atas percobaan serangan terhadap penjara di Laskhar Gah semalam. Namun, kelompok ini mengeklaim telah merebut banyak wilayah di negara itu, yang dibantah oleh pemerintah Afghanistan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)