China Kirim Dubes Baru untuk AS di Tengah Ketegangan

Kamis, 29 Juli 2021 - 14:14 WIB
loading...
A A A


“Dalam situasi persaingan dan perjuangan penuh saat ini antara China dan AS, saya tidak berpikir duta besar mana pun dapat memiliki dampak signifikan pada hubungan, tidak peduli apakah dia dimaksudkan untuk lebih keras atau lebih lunak dalam menerapkan kebijakan,” katanya.

AS saat ini tidak memiliki duta besar di Beijing, meskipun Presiden Joe Biden diperkirakan akan mencalonkan Nicholas Burns, mantan duta besar untuk NATO dan juru bicara Departemen Luar Negeri.

Hubungan antara negara-negara menukik di bawah pendahulu Biden, Donald Trump, tetapi pertemuan tingkat tinggi minggu ini di Tianjin, China, sekali lagi mengungkapkan perpecahan yang mendalam di antara mereka.

Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng mengatakan kepada Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman bahwa Amerika Serikat adalah penemu, dan pemilik paten dan kekayaan intelektual dari diplomasi koersif.



Dalam pertemuan terpisah dengan Sherman, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan China tidak akan mentolerir apa yang dianggapnya campur tangan AS dalam urusan internal dan kepentingan pembangunan utama.

Sherman, dalam sebuah wawancara setelah pertemuan, mengatakan hak asasi manusia bukan hanya masalah internal dan meminta China untuk bekerja dengan Amerika Serikat dalam isu-isu global sebagai kekuatan besar yang bertanggung jawab.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)