Dikritik PBB Soal Penanganan Demonstrasi, Iran Kesal

Minggu, 25 Juli 2021 - 09:29 WIB
loading...
Dikritik PBB Soal Penanganan Demonstrasi, Iran Kesal
Iran mengecam apa yang mereka sebut dengan campur tangan dalam urusan dalam negeri oleh Dewan HAM PBB. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran mengecam apa yang mereka sebut dengan campur tangan dalam urusan dalam negeri oleh Dewan HAM PBB . Ini adalah respon atas kritik yang dilontarkan Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Michelle Bachelet soal sikap Teheran dalam menanggapi demonstrasi di Khuzestan.

Bachelet menyatakan keprihatinan tentang kematian dan cedera, dan penahanan yang meluas selama seminggu terakhir di Khuzestan. Demonstrasi di kota kaya minyak itu terjadi karena adanya krisis air.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa "intervensi" dan komentar non-ahli, dan bias tentang pengelolaan sumber daya air Iran tidak berada dalam lingkup tanggung jawab Bachelet.

"Sanksi AS telah mencegah transfer teknologi dan investasi di sektor air Khuzestan," kata Khatibzadeh dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (25/7/2021).

Seperti diketahui, warga Iran telah turun ke jalan selama lebih dari seminggu untuk melampiaskan kemarahan mereka tentang krisis air yang terjadi selama kekeringan terburuk di negara itu dalam setengah abad dan ketika ekonomi merosot di bawah sanksi AS, dan Covid-19.

Video yang beredar di media sosialmenunjukkan sekelompok demonstran di Tabriz meneriakan slogan-slogan untuk mendukung para pengunjuk rasa Khuzestan.

Kamis malam, seorang pemuda ditembak mati dan tujuh orang terluka selama demonstrasi solidaritas di provinsi Lorestan yang bertetangga dengan Khuzestan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)