Mendekati Rusia, Dua Kapal Perang Iran Muncul di Laut Baltik

loading...
Mendekati Rusia, Dua Kapal Perang Iran Muncul di Laut Baltik
Kapal perang Iran, Makran, dilaporkan muncul di Laut Baltik mendekati Rusia. Foto/CNN
WASHINGTON - Dua kapal perang Iran yang awalnya tampak menuju ke Venezuela sekarang berada di Laut Baltik mendekati kota St. Petersburg Rusia . Demikian laporan MarineTraffic, sebuah situs yang melacak kapal.

Posisi kapal, termasuk pangkalan militer terapung yang disebut Makran, mengindikasikan bahwa mereka kemungkinan menuju ke St. Petersburg untuk berpartisipasi dalam acara Hari Angkatan Laut Rusia, menurut dua pejabat pertahanan yang mengetahui pergerakan kapal.

Pejabat Pentagon telah mengawasi untuk melihat apakah kapal akan terus ke utara menuju Rusia atau berbelok ke Laut Mediterania dan kembali ke Iran. Skenario terakhir dipandang tidak mungkin karena itu akan menjadi kegagalan bagi Iran.

"Posisi kapal saat ini di Laut Baltik dan arahnya membuat tujuannya lebih jelas," kata pejabat pertahanan AS seperti dikutip dari CNN, Jumat (23/7/2021).



Rusia dijadwalkan akan menggelar Hari Angkatan Laut pada hari Minggu di St. Petersburg, dan tampaknya Makran akan mengambil bagian dalam acara tersebut dalam beberapa cara, kata para pejabat.

Pentagon telah memantau kapal-kapal itu selama sekitar dua bulan terakhir saat mereka mengitari ujung selatan Afrika dan tampaknya akan menyeberangi Atlantik menuju Venezuela. Pejabat Pentagon khawatir tentang potensi masuknya senjata Iran ke Belahan Barat dan kemungkinan transfer senjata ke Venezuela.

Baca juga: Kapal Perang Iran Dilaporkan Menuju Venezuela, AS Keluarkan Peringatan Keras

Pada pertengahan Juni, kapal-kapal, yang saat itu berada di lepas pantai Afrika Barat, mulai beringsut ke utara alih-alih melintasi Atlantik.

Baca juga: Iran Akui Kirim Kapal Perang ke Atlantik dan Sebut AS Ketakutan
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top