Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia karena Pandemi COVID-19

loading...
Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia karena Pandemi COVID-19
Penumpang berada di Bandara Internasional Riyadh, Arab Saudi. Foto/REUTERS
RIYADH - Arab Saudi melarang semua perjalanan langsung atau tidak langsung oleh warga negaranya ke Indonesia karena khawatir dengan wabah virus corona.

Kebijakan pemerintah Saudi itu dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).

“Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri menyatakan berdasarkan kepedulian pemerintah Kerajaan terhadap keselamatan warga yang ingin bepergian ke luar negeri, dan mengingat berlanjutnya wabah pandemi virus corona (COVID-19), penyebaran strain virus mutasi baru, dan situasi kesehatan di Republik Indonesia, berikut telah diputuskan: Mencegah warga bepergian langsung atau tidak langsung ke Indonesia sampai situasi di Indonesia stabil,” papar laporan SPA.

Baca juga: Suriah Tembak Jatuh 7 dari 8 Rudal Israel yang Diluncurkan dari Jet Tempur F-16

“Kementerian Dalam Negeri meminta warga yang ada di Indonesia untuk berhati-hati dan menjauh dari daerah yang menjadi saksi penyebaran virus, untuk mengikuti semua tindakan pencegahan, dan untuk kembali lebih cepat ke Kerajaan,” tambah laporan SPA.

Baca juga: Netanyahu Desak Trump Serang Iran setelah Kalah Pemilu Presiden Amerika Serikat



Sehari sebelumnya, Arab Saudi mengumumkan akan memperpanjang izin tinggal dan visa kunjungan bagi ekspatriat yang terdampar di luar negeri akibat pandemi virus corona hingga akhir Agustus.

Baca juga: Jenderal Top AS: Setengah Wilayah Pusat Afghanistan Dikuasai Taliban

Arab Saudi menerapkan langkah-langkah yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona di negaranya.

Pelaksanaan ibadah haji di Saudi juga diterapkan sesuai protokol kesehatan yang sangat ketat. Jumlah jamaah haji hanya dibatasi 60.000 orang yang tinggal di negara itu dan telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top