Bandingkan Trump dengan Hitler, Jenderal Top AS Sebut Trump Rancang Kudeta

Jum'at, 16 Juli 2021 - 04:01 WIB
loading...
Bandingkan Trump dengan Hitler, Jenderal Top AS Sebut Trump Rancang Kudeta
Jenderal tertinggi Pentagon Mark Milley (kiri) bersama Donald Trump saat masih menjabat presiden AS. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Jenderal tertinggi Pentagon Mark Milley khawatir akhir tahun lalu bahwa presiden saat itu Donald Trump akan menangguhkan konstitusi untuk mempertahankan kekuasaan dalam langkah seperti kudeta Reichstag 1933 oleh Adolf Hitler.

Kekhawatiran itu diungkapkan dalam satu buku baru.

“Chairman Kepala Gabungan Mark Milley melihat penolakan Trump menerima kekalahan dari Joe Biden dalam pemilu November sebagai tanda yang mungkin bahwa dia bermaksud mempertahankan kekuasaan dengan cara apa pun,” ungkap kutipan buku karya wartawan Washington Post Carol Leonnig dan Philip Rucker yang dilaporkan Post dan CNN.



“Ini adalah momen Reichstag… Injil sang Fuhrer,” papar Milley kepada para pembantu Pentagon, menurut para penulis buku itu.



Pada 1933, Hitler mengambil keuntungan dari kebakaran mencurigakan di Reichstag, parlemen Jerman, untuk menangguhkan kebebasan sipil dan memusatkan otoritas di pemerintahannya, menyiapkan panggung untuk konsolidasi kekuasaan Nazi.



Ketika Trump menyerukan pawai di Washington oleh para pendukungnya pada November, Milley, yang telah ditunjuk Trump, menyatakan kekhawatirannya bahwa Trump mengerahkan “baju cokelat di jalan-jalan,” menurut buku itu, merujuk pada para pengikut kekerasan Hitler.

Dan ketika Trump bersikeras mengklaim, tanpa bukti, bahwa dia ditipu dari masa jabatan kedua dengan penipuan dan merencanakan unjuk rasa lain pada 6 Januari, ketika para pengikutnya menyerang Kongres, Milley bersekongkol dengan para pejabat tinggi lainnya untuk mengundurkan diri, satu per satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)