Bertemu di Qatar, Delegasi Afghanistan dan Taliban Akan Gelar Pembicaraan Damai

Rabu, 14 Juli 2021 - 04:38 WIB
loading...
Bertemu di Qatar, Delegasi Afghanistan dan Taliban Akan Gelar Pembicaraan Damai
Mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai. Foto/AP
A A A
KABUL - Delegasi pemerintah Afghanistan , yang akan mencakup kepala dewan rekonsiliasi negara itu, akan bertemu dengan Taliban di Doha untuk memulai proses perdamaian yang telah lama terhenti. Hal itu diungkapkan dua pejabat Afghanistan.

Kedua pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Taliban diperkirakan akan membawa para pemimpin senior mereka ke meja dialog ketika kedua belah pihak bertemu, mungkin pada hari Jumat. Taliban mempertahankan kantor politik di ibukota Qatar, Doha.

Perundingan yang direncanakan di Doha akan dipimpin oleh Abdullah Abdullah, yang mengepalai dewan rekonsiliasi Afghanistan. Mereka dilaporkan dimaksudkan untuk merencanakan jalan ke depan yang dapat mengakhiri kekerasan yang terus meningkat sejak AS menandatangani kesepakatan dengan Taliban pada Februari tahun lalu.

Upaya terbaru untuk merevitalisasi pembicaraan damai datang ketika Amerika Serikat (AS) mengakhiri perang di Afghanistan. Perkembangan itu terjadi setelah komandan AS yang akan keluar Jenderal Scott Miller memperingatkan bahwa meningkatnya kekerasan sangat merusak peluang Afghanistan untuk menemukan akhir damai dari perang selama beberapa dekade.

Pembicaraan itu juga terjadi ketika pejuang Taliban menyerbu distrik demi distrik mengambil kendali petak-petak besar negara itu. Meskipun jumlah pasti distrik yang sekarang di bawah kendali Taliban tidak diketahui, diyakini bahwa mereka sekarang memerintah di lebih dari sepertiga dari 421 distrik dan pusat distrik Afghanistan.

Beberapa distrik strategis, berbatasan dengan tetangga Iran, Uzbekistan dan Tajikistan. Lonjakan itu juga mengungkap kelemahan dalam Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghanistan karena banyak distrik jatuh tanpa perlawanan dan lebih dari 1.000 tentara melarikan diri ke Tajikistan. Ada laporan tentang pasukan yang tidak menerima pasokan atau dibiarkan tanpa bala bantuan, sering kali kalah senjata dan kalah jumlah dengan Taliban.



Sementara Taliban telah berusaha untuk menunjukkan gambar tentara yang menyerah secara damai, ada laporan pembunuhan dan kekejaman yang dilakukan.



Sementara itu mantan presiden Hamid Karzai, yang diharapkan menjadi salah satu delegasi Kabul untuk berpartisipasi dalam pembicaraan Doha, mengadakan konferensi pers di Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Ia mengatakan perdamaian akan datang ke Afghanistan dan mendesak pemuda negara itu untuk tinggal di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)