Mengerikan, Tornado Api Sapu California Utara, Tanda Cuaca Ekstrem Terbaru

Minggu, 11 Juli 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
“Pusaran api cukup kuat untuk ditangkap radar National Weather Service,” ungkap ahli meteorologi Charles Smith dari Medford.

Smith tidak bisa mengatakan berapa lama pusaran yang terlihat itu berlangsung, tetapi mencatat radar menangkap rotasi sebanyak 30 menit.

“Pusaran api belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi mereka di sisi yang lebih jarang," ungkap dia.

Kapten Tom Stokesberry bersama tim insiden kebakaran Tennant mengatakan itu adalah salah satu dari pertama kali pusaran seperti itu terdata di radar dan terekam dalam video.

Dia mencatat bahwa beberapa pohon tumbang oleh tornado api tersebut.

“Pada Kamis pagi, kebakaran Tennant telah menghanguskan lahan seluas 10.580 hektar dan 81% dapat dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran telah membelokkan api,” ujar Stokesberry.

Namun, pusaran api itu adalah tanda lain dari kondisi cuaca berbahaya yang mengancam negara bagian yang kering, di mana beberapa kebakaran hutan besar lainnya telah tersulut.

Kebakaran Lava seluas 25.000 hektar di Hutan Nasional Shasta-Trinity adalah kebakaran terbesar di negara bagian tahun ini sejauh ini. “Sekarang 70% dapat diatasi,” papar para pejabat.

“Kebakaran Salt, juga di Shasta-Trinity, menghanguskan lahan 12.644 hektar dan 35% dapat ditangani pada Kamis pagi,” ungkap Dinas Kehutanan.

Kebakaran itu terjadi pada 30 Juni dan terus menghancurkan lebih dari dua lusin rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)