Puluhan Wanita India Dijual di Aplikasi Online Hanya karena Mereka Muslim

Sabtu, 10 Juli 2021 - 20:01 WIB
loading...
Puluhan Wanita India Dijual di Aplikasi Online Hanya karena Mereka Muslim
Hana Khan merupakan pilot di maskapai komersial. Foto/bbc
A A A
NEW DELHI - Minggu lalu, puluhan wanita Muslim di India menemukan mereka telah dijual secara online melalui aplikasi khusus.

Hana Khan, wanita pilot pesawat komersial yang namanya ada dalam daftar tersebut mengatakan kepada BBC bahwa dia mengetahui hal itu ketika seorang teman mengiriminya tweet.

Tweet itu membawanya ke "Sulli Deals", aplikasi dan website yang telah mengambil gambar wanita yang ada secara publik dan membuat profil, menggambarkan wanita sebagai "promo hari ini".



Halaman website arahan aplikasi itu memiliki foto seorang wanita tak dikenal.



Di dua halaman website berikutnya, Khan melihat foto-foto teman-temannya. Di halaman setelah itu dia melihat dirinya sendiri.



"Saya menghitung 83 nama. Mungkin ada lebih banyak lagi," ujar dia kepada BBC.

Dia menjelaskan, "Mereka mengambil foto saya dari Twitter dan itu memiliki nama saya. Aplikasi ini berjalan selama 20 hari dan kami bahkan tidak mengetahuinya. Ini membuat saya merinding."

Aplikasi tersebut berpura-pura menawarkan para pengguna kesempatan untuk membeli "Sulli", istilah slang yang menghina yang digunakan troll sayap kanan Hindu untuk wanita Muslim.

Tidak ada lelang nyata dalam bentuk apa pun. Tujuan aplikasi ini hanya untuk merendahkan dan mempermalukan para wanita muslim tersebut.

Khan mengatakan dia telah menjadi sasaran karena agamanya. "Saya seorang wanita Muslim yang melihat dan mendengar. Dan mereka ingin membungkam kami," papar dia.

GitHub, platform web yang menghosting aplikasi open source itu menutupnya dengan cepat setelah ada keluhan.

"Kami menangguhkan akun pengguna setelah penyelidikan laporan aktivitas semacam itu, yang semuanya melanggar kebijakan kami," papar pernyataan GitHub.

Tetapi pengalaman itu telah membuat para wanita terluka. Mereka yang tampil di aplikasi ini semuanya Muslim vokal, termasuk jurnalis, aktivis, artis, atau peneliti.

Beberapa orang telah menghapus akun media sosial mereka dan banyak wanita lainnya mengatakan mereka takut akan pelecehan lebih lanjut.

"Tidak peduli seberapa kuat Anda, tetapi jika foto Anda dan informasi pribadi lainnya dipublikasikan, itu membuat Anda takut, itu mengganggu Anda," papar wanita lain pada BBC Hindi.

Tetapi beberapa wanita yang rinciannya dibagikan di aplikasi itu telah menggunakan media sosial untuk mencari "orang-orang cabul" itu dan bersumpah untuk melawan.

Selusin orang telah membentuk grup WhatsApp untuk mencari, dan menawarkan dukungan dan beberapa dari mereka, termasuk Khan, telah mengajukan pengaduan ke polisi.

Warga, aktivis, dan pemimpin terkemuka juga telah berbicara menentang pelecehan tersebut. Polisi mengatakan mereka telah membuka penyelidikan tetapi menolak mengatakan siapa yang berada di balik aplikasi tersebut.

Orang-orang yang membuat aplikasi menggunakan identitas palsu, tetapi Hasiba Amin, koordinator media sosial untuk partai oposisi Kongres, menyalahkan beberapa akun yang secara teratur menyerang Muslim, terutama wanita Muslim, dan mengklaim mendukung politik sayap kanan.

“Ini bukan pertama kalinya, perempuan Muslim menjadi sasaran dengan cara ini,” ungkap Amin.

Pada 13 Mei, ketika umat Islam merayakan festival Idul Fitri, saluran YouTube menayangkan "Idul Fitri", "lelang" langsung wanita Muslim dari India dan Pakistan.

"Orang-orang menawar lima rupee dan 10 rupee, mereka menilai wanita berdasarkan bagian tubuh mereka dan menggambarkan tindakan seksual dan mengancam pemerkosaan," papar Khan.

Amin mengatakan akun anonim mencoba "melelang" dia di Twitter.

“Beberapa orang lain, satu bernama @sullideals101, yang sejak itu telah ditangguhkan, bergabung, melecehkan saya, mempermalukan saya dan menggambarkan tindakan seksual yang kotor," ujar Khan.

Dia percaya bahwa mereka yang mencoba melelangnya di Twitter adalah orang yang sama yang berada di balik aplikasi Sulli Deals dan saluran YouTube, yang sejak itu telah dihapus oleh platform tersebut.

Dalam sepekan terakhir, Twitter telah menangguhkan akun yang mengklaim mereka berada di belakang aplikasi dan akan segera dicadangkan.

Para aktivis mengatakan, “Pelecehan online memiliki kekuatan untuk meremehkan, merendahkan, mengintimidasi, dan akhirnya membungkam perempuan."

Pekan lalu, lebih dari 200 aktor, musisi, jurnalis, dan pejabat pemerintah terkemuka dari penjuru dunia menulis surat terbuka, mendesak CEO Facebook, Google, TikTok, dan Twitter menjadikan keselamatan perempuan sebagai "prioritas".

"Internet adalah alun-alun kota abad ke-21. Di situlah perdebatan terjadi, komunitas dibangun, produk dijual dan reputasi dibuat. Tetapi skala pelecehan online berarti, bagi terlalu banyak wanita, alun-alun kota digital ini tidak aman," papar mereka.

Laporan Amnesty International tentang pelecehan online di India tahun lalu menunjukkan semakin vokal seorang wanita, semakin dia menjadi sasaran.

Dan sama seperti perempuan kulit hitam yang lebih cenderung dipilih di Inggris dan Amerika Serikat (AS), perempuan dari agama minoritas dan kasta yang kurang beruntung lebih banyak dilecehkan di India.

Nazia Erum, penulis dan mantan juru bicara Amnesty di India, mengatakan ada beberapa wanita Muslim di media sosial dan mereka "diburu dan dihantui".

"Serangan yang ditargetkan dan direncanakan ini adalah upaya mengambil mikrofon dari wanita Muslim berpendidikan yang mengekspresikan pendapat mereka dan berbicara menentang Islamofobia. Ini adalah upaya membungkam mereka, mempermalukan mereka, mengambil ruang yang mereka tempati," papar mereka.

Amin mengatakan, “Para peleceh itu tidak takut karena mereka tahu mereka akan lolos begitu saja."

Dia menunjuk pada beberapa kasus kekejaman baru-baru ini terhadap Muslim yang didorong para pendukung partai BJP yang berkuasa, seperti seorang menteri pemerintah yang mengikat delapan orang Hindu yang dihukum karena hukuman mati tanpa pengadilan, dan menteri penyiaran baru negara itu yang terlihat tahun lalu dalam video viral menyerukan kerumunan massa Hindu untuk "menembak Muslim".

Bagi para wanita yang identitasnya diambil dan digunakan aplikasi "Sulli Deals", perjuangan untuk keadilan bisa berlangsung lama dan sulit. Tapi mereka bertekad untuk mendapatkannya.

"Jika polisi tidak menemukan mereka yang menjual kami, saya akan pergi ke pengadilan. Aku akan mengejarnya sampai akhir," ujar Khan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)