Rusia Siap Gempur Taliban Jika Berani Menyerang Tajikistan

loading...
Rusia Siap Gempur Taliban Jika Berani Menyerang Tajikistan
Para tentara Tajikistan saat parade militer di Dushanbe, Tajikistan. Foto/Iskander Aminov/Sputnik
MOSKOW - Seorang jenderal top Rusia mengatakan Tajikistan dan sekutunya akan merespons serangan Taliban dari negara tetangga; Afghanistan, jika itu terjadi. Moskow juga siap membantu menggempur kelompok itu jika melakukan agresi ke negara tetangga.

Kepala Kepala Staf Gabungan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) Jenderal Kolonel Anatoly Sidorov menjelaskan bahwa Taliban telah mendirikan pos pengamatan dan pos pemeriksaan setelah sebagian besar menyerbu daerah yang berdekatan dengan perbatasan Afghanistan-Tajikistan.

Baca juga: Marah pada Taliban yang Menang, Gadis-gadis Afghanistan Angkat Senjata

“Kami telah melihat pos-pos Taliban. Setidaknya untuk saat ini, kami tidak melihat agresi datang dari [mereka],” kata jenderal Rusia tersebut.



"Mereka tidak bersembunyi sama sekali. Tampaknya situasinya cukup damai di pihak [Afghanistan]," ujarnya kepada Russia Today, Jumat (9/7/2021).

Sidorov mengatakan dia yakin bahwa Tajikistan mampu menangkis kemungkinan serangan Taliban. “Tidak ada keraguan bahwa perbatasan Tajikistan dan personel militer akan menangani situasi ini,” katanya.

“Meskipun medan dan iklimnya sangat kasar, agak sulit untuk mengumpulkan kelompok yang dapat menimbulkan ancaman bagi integritas teritorial Tajikistan,” jelas Sidorov.

"Kita harus memproyeksikan razia kecil-kecilan oleh kelompok yang terdiri dari mungkin 20, 40, 70 orang. Tentu saja, mereka akan disambut dengan respons yang memadai dari Tajikistan."

Jenderal itu menambahkan bahwa pasukan Rusia yang ditempatkan di Tajikistan dan pasukan respons cepat CSTO siap membantu Dushanbe jika diperlukan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top