Biden: Perang AS di Afghanistan Akan Berakhir Pada 31 Agustus

Jum'at, 09 Juli 2021 - 02:47 WIB
loading...
A A A
Biden menambahkan bahwa tidak ada momen misi tercapai saat perang AS berakhir.

"Misi itu tercapai karena kami mendapatkan Osama bin Laden dan terorisme tidak berasal dari bagian dunia itu," katanya.

Sebelum pidatonya, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pejabat pemerintahan Biden selalu mengantisipasi peningkatan dalam kekerasan dan kekacauan yang lebih besar saat penarikan AS bergerak maju. Dia menambahkan bahwa memperpanjang keterlibatan militer AS, mengingat mantan Presiden Donald Trump telah setuju untuk menarik pasukan AS dari Afghanistan pada Mei 2021, akan menyebabkan eskalasi serangan terhadap pasukan Amerika.

"Pertanyaan mendasar yang dihadapinya adalah setelah 20 tahun apakah dia akan mengerahkan lebih banyak pasukan Amerika untuk perang saudara di Afghanistan," kata Psaki.

Pasukan AS awal pekan ini mengosongkan Lapangan Terbang Bagram – pusat komando AS untuk menggulingkan Taliban dan memburu para pelaku serangan teroris tahun 2001 di AS yang memicu perangterhadap al-Qaida.



Pasukan AS yang tersisa sekarang terkonsentrasi di Ibu Kota Kabul. Pentagon mengatakan komandan tertinggi AS di Afghanistan, Jenderal Scott Miller, diperkirakan akan mengakhiri tugasnya akhir bulan ini karena pengaturan akhir dibuat untuk pengurangan misi militer AS.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)