Cengkeraman Taliban Meluas, 1.000 Tentara Afghanistan Kabur ke Tajikistan

Selasa, 06 Juli 2021 - 16:26 WIB
loading...
A A A
Jamshid, seorang mahasiswa di Universitas Kabul, mengatakan dia tidak berencana untuk tinggal di negara itu jika Taliban mengambil alih kekuasaan.



Ada juga kekhawatiran yang berkembang tentang bagaimana melindungi misi diplomatik di Afghanistan.

Rusia pada hari Senin mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan sementara operasi konsulatnya di kota utara Mazar-e-Sharif karena situasi keamanan yang memburuk. Utusan Zamir Kabulov mengatakan pasukan Afghanistan telah menyerahkan terlalu banyak distrik, membuat situasi tidak stabil.

Turki dan Iran juga telah menangguhkan operasi di kota itu, memindahkan diplomatnya ke Kabul, menurut laporan.

Pasukan pimpinan AS menggulingkan Taliban dari kekuasaan di Afghanistan pada tahun 2001. Kelompok itu menyembunyikan Osama Bin Laden dan tokoh al-Qaeda lainnya yang terkait dengan serangan 11 September di AS yang memicu invasi. Namun, secara bertahap mendapatkan kembali kekuatan yang cukup untuk merebut wilayah lagi.

Taliban memasuki pembicaraan langsung dengan AS pada 2018, dan Presiden Joe Biden mengatakan penarikan Amerika dibenarkan karena pasukan AS telah memastikan Afghanistan tidak dapat menjadi basis bagi teroris asing untuk merencanakan melawan Barat lagi.

Namun, mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan kepada BBC bahwa dia yakin misi militer NATO dan AS di sana telah gagal dalam mengalahkan terorisme dan ekstremisme.

Dia meminta pemerintah Afghanistan serta Taliban untuk duduk dan berbicara sesegera mungkin untuk perdamaian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)