India Kerahkan 50.000 Tentara ke Perbatasan dengan China

Selasa, 29 Juni 2021 - 11:56 WIB
loading...
India Kerahkan 50.000 Tentara ke Perbatasan dengan China
Para tentara India yang ditugaskan di dekat perbatasan dengan China. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - India telah mengerahkan setidaknya 50.000 tentara tambahan ke perbatasannya dengan China . Langkah ini merupakan perubahan bersejarah menuju postur militer ofensif terhadap negara komunis yang jadi ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Pengerahan tentara berskala besar itu diungkap Bloomberg, Senin (28/6/2021), yang mengutip sumber-sumber yang mengetahui perubahan kebijakan militer New Delhi.



Meskipun kedua negara bertempur di Himalaya pada tahun 1962, fokus strategis India terutama adalah Pakistan sejak Inggris meninggalkan anak benua itu, di mana keduanya telah berperang tiga kali atas wilayah Kashmir yang disengketakan.

Namun sejak pertempuran India-China paling mematikan dalam beberapa dekade pada tahun lalu, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi telah berusaha meredakan ketegangan dengan Islamabad dan berkonsentrasi terutama untuk melawan Beijing.

Selama beberapa bulan terakhir, India telah memindahkan pasukan dan skuadron jet tempur ke tiga daerah berbeda di sepanjang perbatasannya dengan China. Hal itu diungkap empat orang yang mengetahui masalah tersebut.

Dua dari empat sumber itu mengatakan secara keseluruhan, India sekarang memiliki sekitar 200.000 tentara yang difokuskan di perbatasan, yang merupakan peningkatan lebih dari 40 persen dari tahun lalu.

Baik Angkatan Darat India dan juru bicara Kantor Perdana Menteri di New Delhi tidak menanggapi permintaan komentar.

Kehadiran militer India memang ditujukan untuk memblokir gerakan China. Namun, salah satu sumber tersebut mengatakan pengerahan tentara tambahan itu akan memungkinkan komandan India lebih banyak pilihan untuk menyerang dan merebut wilayah di China jika perlu dalam strategi yang dikenal sebagai “pertahanan ofensif”.

Salah satu pilihan itu termasuk jejak yang lebih ringan yang melibatkan lebih banyak helikopter untuk mengangkut tentara dari lembah ke lembah bersama dengan artileri seperti howitzer M777 yang dibangun oleh BAE Systems Inc.

Meskipun tidak jelas berapa banyak pasukan yang dimiliki China di perbatasan, India mendeteksi bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) baru-baru ini memindahkan pasukan tambahan dari Tibet ke Komando Militer Xinjiang, yang bertanggung jawab untuk berpatroli di daerah-daerah yang disengketakan di sepanjang Himalaya.



Menurut dua sumber, China menambahkan bangunan landasan pacu baru, bungker tahan bom untuk menampung jet tempur dan lapangan terbang baru di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Tibet. Beijing, lanjut mereka, juga menambahkan artileri jarak jauh, tank, resimen roket dan pesawat tempur bermesin ganda dalam beberapa bulan terakhir.

"Situasi saat ini di perbatasan antara China dan India secara umum stabil, dan kedua belah pihak sedang bernegosiasi untuk menyelesaikan masalah perbatasan yang relevan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers reguler di Beijing, hari Senin (28/6/2021), sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang pengerahan pasukan India.

"Dalam konteks ini, kata-kata, perbuatan, dan pengerahan militer dari para pemimpin militer dan politik yang relevan harus membantu meredakan situasi dan meningkatkan rasa saling percaya antara kedua belah pihak, bukan sebaliknya," ujarnya.

Ketakutan sekarang adalah bahwa salah perhitungan dapat menyebabkan konflik yang lebih mematikan. Beberapa putaran pembicaraan diplomatik-militer baru-baru ini dengan China telah membuat kemajuan minimal menuju kembalinya status quo yang tenang yang telah berlaku di sepanjang perbatasan selama beberapa dekade.

“Memiliki begitu banyak tentara di kedua sisi berisiko ketika protokol manajemen perbatasan rusak,” kata DS Hooda, seorang letnan jenderal dan mantan komandan utara Angkatan Darat India.

“Kedua belah pihak kemungkinan akan berpatroli di perbatasan yang disengketakan secara agresif. Sebuah insiden lokal kecil bisa lepas kendali dengan konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Tiga sumber mengatakan wilayah utara Ladakh—tempat India dan China bentrok beberapa kali tahun lalu—telah mengalami peningkatan terbesar dalam jumlah pasukan. Sekitar 20.000 tentara termasuk mereka yang pernah terlibat dalam operasi anti-terorisme melawan Pakistan sekarang dikerahkan di daerah itu.

Reorientasi berarti India setiap saat akan memiliki lebih banyak pasukan yang diaklimatisasi untuk berperang di dataran tinggi Himalaya, sementara jumlah pasukan yang hanya ditujukan untuk perbatasan barat dengan Pakistan akan dikurangi.

Militer India dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu mengatakan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh, didampingi oleh pejabat militer senior termasuk Panglima Angkatan Darat Jenderal MM Naravane, berada di Ladakh untuk meninjau kesiapan militer.

Itu adalah kunjungan pertama Singh ke daerah itu sejak pelepasan pasukan India dan China pada Februari dari tepi Pangong Tso, sebuah danau glasial sekitar 14.000 kaki di atas permukaan laut.

Masih menurut beberapa sumber, India juga telah memperoleh kemampuan ofensif di sepanjang dataran tinggi Tibet selatan di dekat pusat perbatasan. Di daerah yang lebih berpenduduk itu, tentara reguler yang dilengkapi dengan senapan mesin telah bergabung dengan perwira paramiliter bersenjata ringan.

Sumber-sumber itu melanjutkan, di negara bagian timur jauh Arunachal Pradesh—di mana sebagian besar pasukan perbatasan India telah ditempatkan dan di mana sebagian besar perang India-China tahun 1962 terjadi—, jet tempur Rafale buatan Prancis yang baru diakuisisi yang dipersenjatai dengan rudal jarak jauh dikerahkan untuk mendukung tentara darat.

Angkatan Laut India juga mengambil tindakan, menempatkan lebih banyak kapal perang di sepanjang jalur laut utama untuk jangka waktu yang lebih lama. Upayanya termasuk mempelajari energi dan arus perdagangan masuk dan keluar dari China. Hal itu diungkap seorang pejabat Angkatan Laut India yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Manuver-manuver militer New Delhi ini mengikuti periode relatif tenang setelah pertempuran musim panas tahun lalu yang membuat India kehilangan kendali atas sekitar 300 kilometer persegi (115 mil persegi) tanah di sepanjang daerah pegunungan yang disengketakan.

Bentrokan terburuk pada Juni menewaskan 20 tentara India dan empat tentara China.

Bagi Perdana Menteri Narendra Modi, perubahan kebijakan militer itu terjadi ketika pandemi merusak pedalaman India dan ekonomi berkontraksi paling buruk dalam empat dekade, menyisakan lebih sedikit uang untuk pertahanan. Pada saat yang sama, India meningkatkan kerjasama keamanan dengan sesama mitra Quad—Amerika Serikat, Jepang, dan Australia—untuk menghalau pengaruh China.

“Krisis selama setahun terakhir telah membawa pulang kenyataan bagi para pembuat keputusan India bahwa China menghadirkan tantangan strategis terbesar di masa depan, dan itu telah menyebabkan mengalihkan perhatian dari Pakistan,” kata Sushant Singh, seorang fellow senior di Centre for Policy Research dan dosen tamu di Universitas Yale.

"Saat ini dimainkan sepenuhnya, itu akan mengubah geopolitik kawasan secara signifikan," ujarnya.

Namun, terlepas dari pergeseran strategis India dan pergerakan pasukan, China tetap memiliki keunggulan di sepanjang perbatasan, kata Sana Hashmi, seorang fellow tamu di Taiwan-Asia Exchange Foundation yang berbasis di Taipei.

“Asimetri ekonomi dan militer akan tetap ada,” katanya. “Dan masih ada jalan panjang bagi India untuk menjembatani asimetri ini.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)