India Kerahkan 50.000 Tentara ke Perbatasan dengan China

Selasa, 29 Juni 2021 - 11:56 WIB
loading...
A A A
Meskipun tidak jelas berapa banyak pasukan yang dimiliki China di perbatasan, India mendeteksi bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) baru-baru ini memindahkan pasukan tambahan dari Tibet ke Komando Militer Xinjiang, yang bertanggung jawab untuk berpatroli di daerah-daerah yang disengketakan di sepanjang Himalaya.



Menurut dua sumber, China menambahkan bangunan landasan pacu baru, bungker tahan bom untuk menampung jet tempur dan lapangan terbang baru di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Tibet. Beijing, lanjut mereka, juga menambahkan artileri jarak jauh, tank, resimen roket dan pesawat tempur bermesin ganda dalam beberapa bulan terakhir.

"Situasi saat ini di perbatasan antara China dan India secara umum stabil, dan kedua belah pihak sedang bernegosiasi untuk menyelesaikan masalah perbatasan yang relevan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers reguler di Beijing, hari Senin (28/6/2021), sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang pengerahan pasukan India.

"Dalam konteks ini, kata-kata, perbuatan, dan pengerahan militer dari para pemimpin militer dan politik yang relevan harus membantu meredakan situasi dan meningkatkan rasa saling percaya antara kedua belah pihak, bukan sebaliknya," ujarnya.

Ketakutan sekarang adalah bahwa salah perhitungan dapat menyebabkan konflik yang lebih mematikan. Beberapa putaran pembicaraan diplomatik-militer baru-baru ini dengan China telah membuat kemajuan minimal menuju kembalinya status quo yang tenang yang telah berlaku di sepanjang perbatasan selama beberapa dekade.

“Memiliki begitu banyak tentara di kedua sisi berisiko ketika protokol manajemen perbatasan rusak,” kata DS Hooda, seorang letnan jenderal dan mantan komandan utara Angkatan Darat India.

“Kedua belah pihak kemungkinan akan berpatroli di perbatasan yang disengketakan secara agresif. Sebuah insiden lokal kecil bisa lepas kendali dengan konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Tiga sumber mengatakan wilayah utara Ladakh—tempat India dan China bentrok beberapa kali tahun lalu—telah mengalami peningkatan terbesar dalam jumlah pasukan. Sekitar 20.000 tentara termasuk mereka yang pernah terlibat dalam operasi anti-terorisme melawan Pakistan sekarang dikerahkan di daerah itu.

Reorientasi berarti India setiap saat akan memiliki lebih banyak pasukan yang diaklimatisasi untuk berperang di dataran tinggi Himalaya, sementara jumlah pasukan yang hanya ditujukan untuk perbatasan barat dengan Pakistan akan dikurangi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)