Tegang, Rusia Latihan Perang di Dekat Kapal Induk Inggris di Mediterania

Sabtu, 26 Juni 2021 - 07:36 WIB
loading...
Tegang, Rusia Latihan Perang di Dekat Kapal Induk Inggris di Mediterania
Jet tempur siluman F-35B lepas landas di atas kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth. Foto/Royal Navy
A A A
DAMASKUS - Militer Rusia pada hari Jumat meluncurkan latihan perang di Laut Mediterania dengan menampilkan jet tempur MiG-31K yang mampu membawa rudal hipersonik Kinzhal. Manuver Moskow ini berlangsung di dekat perairan di mana kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth, beroperasi.

Unjuk kekuatan militer Moskow tersebut semakin memanaskan ketegangan dengan London setelah pada Rabu lalu kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal perang Inggris di dekat Crimea di Laut Hitam.



Jet tempur Moskow juga menjatuhkan empat bom di jalur pelayaran kapal perang London, HMS Defender. Namun, London membantahnya dengan bersikeras kapalnya tidak ditembaki.

Latihan perang Rusia yang dimulai pada hari Jumat di Mediterania timur digelar ketika kelompok tempur kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth berada di wilayah tersebut. Awal pekan ini, pesawat jet tempur silumanF-35 Inggris dan AS dari HMS Queen Elizabeth melakukan serangan mendadak melawan kelompok ISIS.

Rusia sendiri telah melancarkan kampanye militer di Suriah sejak September 2015, yang memungkinkan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk merebut kembali kendali atas sebagian besar negara itu setelah perang saudara yang menghancurkan.

Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat mengatakan bahwa sepasang jet tempur MiG-31 yang mampu membawa rudal hipersonik Kinzhal telah tiba di Pangkalan Udara Khmeimim di Suriah untuk latihan. Pangkalan yang berlokasi di provinsi pesisir Latakia, berfungsi sebagai pusat utama operasi Moskow di negara itu.

Ini adalah pertama kalinya pesawat tempur yang mampu membawa Kinzhal dikerahkan di luar perbatasan Rusia.

Militer Moskow mengatakan rudal Kinzhal mampu terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan hingga 2000 kilometer (sekitar 1.250 mil).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)