Rusia Rilis Momen Konfrontasi dengan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Sabtu, 26 Juni 2021 - 03:33 WIB
loading...
Rusia Rilis Momen Konfrontasi dengan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam
Rusia merilis video momen konfrontasi dengan kapal perang Inggris di Laut Hitam. Foto/News Around World
A A A
MOSKOW - Rusia telah merilis sebuah video yang menunjukkan kapal penjaga pantainya memperingatkan kapal perang Inggris , HMS Defender, melanggar perbatasan negaranya di Laut Hitam . Kapal Rusia kemudian melepaskan tembakan peringatan ke kapal perang Inggris, sekaligus membantah pernyataan London tentang insiden pada hari Rabu itu.

Video pendek, yang dirilis pada hari Kamis oleh Biro Keamanan Federal Rusia (FSB), menunjukkan konfrontasi antara kapal patroli dan kapal perusak Angkatan Laut Inggris yang berlayar melewati Cape Fiolent, dekat kota Sevastopol di Crimea pada Rabu lalu.

“Jika Anda tidak mengubah arah ke kanan, saya akan menembak,” petugas kapal penjaga pantai Rusia mengirim pesan radio ke kapal perusak Inggris, memperingatkan kapal perang itu akan melanggar perairan teritorial Rusia.

"Anda harus segera meninggalkan laut teritorial Federasi Rusia," terdengar peringatan kedua. Kemudian terdengar kapten mengeluarkan perintah, dalam bahasa Rusia. "Tembakan peringatan tembakan. JANGAN, ulangi JANGAN pukul Pembela. Konfirmasi, selesai," seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (26/6/2021).



Moskow juga mengklaim bahwa setidaknya satu pesawat pencegat menjatuhkan bom ke jalur HMS Defender, berhati-hati agar tidak mengenai kapal tersebut.
Pada hari Rabu, London secara resmi menyatakan bahwa tidak ada tembakan peringatan yang ditembakkan ke HMS Defender, dan kapal itu hanya melakukan lintas damai melalui perairan teritorial Ukraina sesuai dengan hukum internasional.



Inggris menganggap Crimea – semenanjung Rusia yang secara historis diserap kembali oleh Moskow setelah referendum 2014 – masih menjadi bagian dari Ukraina. Wilayah vital yang strategis, yang sebagian besar merupakan etnis Rusia, ditandatangani bagian dari Kiev, pada tahun 1954, sementara kedua negara adalah bagian dari negara serikat. Langkah itu dibuat untuk alasan praktis dan simbolis oleh Nikita Khrushchev, yang dibesarkan di Donbass.

"Seharusnya jalur yang bersih adalah langkah yang disengaja untuk menunjukkan kepada Rusia," menurut Jonathan Beale, seorang koresponden militer BBC yang berada di atas kapal perusak Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)