KBRI Nairobi Bantu Kepulangan Dua ABK Terlantar di Somalia

Jum'at, 25 Juni 2021 - 18:01 WIB
loading...
KBRI Nairobi Bantu Kepulangan Dua ABK Terlantar di Somalia
KBRI Nairobi berhasil memulangkan dua ABK WNI yang terlantar dari Bosaso, Somalia. Foto/kbri nairobi
A A A
NAIROBI - KBRI Nairobi berhasil memulangkan dua ABK WNI yang terlantar dari Bosaso, Somalia , pada Rabu (23/6).

Kedua ABK tersebut telah tertahan di Somalia selama berbulan-bulan akibat gaji yang tidak kunjung dibayarkan oleh pemilik kapal.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dan sangat berterima kasih kepada KBRI Nairobi yang sudah susah payah memperjuangkan gaji kami dan memulangkan kami ke tanah air,” ungkap Jafar Muadis, salah satu ABK.



Jafar, dan rekannya, Eduardus Raques sangat senang karena penantiannya selama berbulan-bulan untuk dipulangkan telah berakhir.



KBRI mengurus kepulangan dua ABK secara langsung dengan mengirim Pelaksana Fungsi Perlindungan ke Bosaso, Somalia, setelah pihak agen pengirim di Indonesia maupun pemilik kapal tidak dapat dimintai tanggung jawab.



Saat berada di Bosaso, pejabat KBRI juga menemui pihak Imigrasi Somalia untuk pengurusan dokumen perjalanan kepulangan kedua ABK.

Sebelum melepas para ABK Kembali ke tanah air, KBRI Nairobi membekali para ABK dengan pakaian dan peralatan kesehatan untuk digunakan selama dalam perjalanan, serta menyerahkan gaji mereka yang selama ini belum dapat dibayarkan oleh pemilik kapal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)