Bantu AS, Ribuan Warga Afghanistan Akan Dievakuasi

Jum'at, 25 Juni 2021 - 01:03 WIB
loading...
A A A
“Kami memiliki kewajiban moral untuk melindungi sekutu pemberani kami yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk kami, dan kami telah bekerja selama berbulan-bulan untuk melibatkan pemerintah dan memastikan ada rencana, dengan sedikit hasil nyata,” anggota parlemen dari Partai Republik Peter Meijer dari Michigan selama sidang DPR pekan lalu.

Terlepas dari dukungan bipartisan yang tidak biasa di Kongres, pemerintah AS belum secara terbuka mendukung evakuasi akan meredakan perang yang dimulai setelah serangan 9/11.



Pemerintahan Biden dan pejabat militer AS telah berbicara dengan hati-hati tentang relokasi, dan sebagian besar menghindari pembicaraan tentang evakuasi massal, di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang situasi keamanan yang genting bagi pemerintah Afghanistan dalam menghadapi berkurangnya kehadiran militer AS. Sebagian, para pejabat AS khawatir bahwa kata evakuasi dapat memicu kepanikan di Afghanistan, belum lagi memperumit situasi keamanan saat ini.

Taliban mengeluarkan pernyataan awal bulan ini yang mengatakan mereka yang bekerja untuk AS dan kepentingan Barat tidak akan menjadi target. Meski begitu masih banyak pelarian koruptor, mereka yang merasa tidak aman dan ketakutan akan kekerasan dari Taliban serta komandan lokal yang menjadi sekutu AS memandang visa imigrasi khusus sebagai kesempatan terakhir mereka untuk meninggalkan negara mereka.

Sebagai bagian dari rencananya, Gedung Putih juga akan mendorong untuk memiliki sumber daya tambahan yang dikhususkan untuk memproses aplikasi visa imigrasi khusus untuk membantu mereka yang tetap di Afghanistan setelah penarikan militer AS tetapi ingin pergi ke AS, menurut pejabat.

Pejabat itu menambahkan bahwa pemerintan AS ingin bekerja dengan Kongres untuk menemukan perbaikan cepat untuk membuat proses aplikasi lebih efisien termasuk menghilangkan dokumen duplikat dan penyesuaian persyaratan yang tidak mempengaruhi keamanan nasional.

Upaya untuk mempercepat recana memindahkan warga Afghanistan yang membantu AS datang ketika Presiden Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah, Ketua Dewan Tinggi untuk rekonsiliasi nasional pada Jumat.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)