Beijing Peringatkan Washington: China Tidak Dapat Dihentikan oleh Siapa Pun

Jum'at, 25 Juni 2021 - 00:22 WIB
loading...
Beijing Peringatkan Washington: China Tidak Dapat Dihentikan oleh Siapa Pun
Pejabat China mengirim peringatan kepada AS agar tidak melakukan kontak lebih lanjut dengan Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Juru bicara Kementerian Pertahanan China , Ren Guoqiang, mengirimkan peringatan kepada Amerika Serikat (AS) agar tidak melakukan kontak lebih lanjut dengan Taiwan . Ia mengatakan pertumbuhan China tidak dapat dihentikan oleh siapa pun.

Ren juga melontarkan komentar permusuhan di Taiwan yang demokratis, dengan mengatakan masa depannya terletak pada penyatuan nasional dengan China daratan.

Ren menyebut pernyataannya sebagai tanggapan atas laporan baru-baru ini tentang kolusi antara Washington dan Taipei, yang tampaknya merujuk pada diplomasi vaksin pemerintahan Joe Biden serta advokasinya untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.



"China dengan tegas menentang segala bentuk pertukaran resmi atau kontak militer antara AS dan Taiwan," kata Ren.

"AS perlu sepenuhnya menyadari bahwa perkembangan dan pertumbuhan China tidak dapat dihentikan oleh siapa pun atau kekuatan apa pun," tegas pejabat China itu pada konferensi pers bulanan kementerian.

"Partai berkuasa Taiwan harus sadar betul bahwa masa depan Taiwan terletak pada penyatuan nasional," sambungnya.

"Kemerdekaan Taiwan adalah jalan buntu. Kemerdekaan Taiwan berarti perang," kata Ren sambil menggemakan peringatan terbaru Beijing dari Januari lalu seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (25/6/2021).

Pejabat itu juga membahas rekor jumlah pesawat tempur yang menurut Taiwan telah melanggar zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pekan lalu. Antara 15 dan 17 Juni, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menerbangkan 36 pesawat militer di dekat pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, menurut angka Kementerian Pertahanan Taiwan.

Ke-28 jet tempur, pesawat pengintai, dan pengebom berkemampuan nuklir yang muncul pada hari pertama merupakan serangan satu hari terbesar sejak Taipei mulai menerbitkan catatan pada September 2020. Kegiatan tersebut mengikuti pola peningkatan tekanan militer terhadap pulau itu, yang China klaim sebagai bagian dari wilayahnya meskipun tidak pernah mengaturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)