Misi Ambisius China, Kirim Manusia Pertama ke Planet Mars pada 2033

Kamis, 24 Juni 2021 - 15:01 WIB
loading...
Misi Ambisius China, Kirim Manusia Pertama ke Planet Mars pada 2033
Sejumlah orang berjalan di pangkalan simulasi C-Space Mars di gurun Gobi, China. Foto/matjaz tancic/humanmars
A A A
BEIJING - China bertujuan mengirim misi manusia pertamanya ke planet Mars pada 2033. Tak hanya itu, penerbangan lanjutan reguler akan dilakukan setelahnya.

Misi ini menjadi bagian rencana jangka panjang membangun pangkalan yang dihuni secara permanen di Planet Merah dan mengekstraksi sumber dayanya.

Rencana ambisius itu akan mengintensifkan perlombaan dengan Amerika Serikat (AS) untuk menempatkan manusia di Mars.

Baca juga: India Berhasil Turunkan Kasus COVID-19 Delapan Kali Lipat, Ini Rahasianya

Misi ini diungkapkan secara rinci untuk pertama kalinya setelah China mendaratkan robot penjelajah di Mars pada pertengahan Mei dalam misi perdananya ke planet tersebut.

Baca juga: Pisang Rp650.000, Kopi Rp1,5 Juta, Krisis Pangan Korea Utara Makin Brutal

“Peluncuran manusia ke Mars direncanakan pada 2033, 2035, 2037, 2041 dan seterusnya,” papar kepala pembuat roket utama China, Wang Xiaojun, dalam konferensi eksplorasi ruang angkasa di Rusia baru-baru ini melalui tautan video.

Baca juga: Raksasa Media Jerman Minta Pegawai Pro-Palestina Cari Kerja di Tempat Lain

“Sebelum misi awak manusia dimulai, China akan mengirim robot ke Mars untuk mempelajari kemungkinan lokasi pangkalan dan membangun sistem untuk mengekstrak sumber daya di sana,” ungkap laporan resmi China Space News pada Rabu, mengutip Wang, kepala Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China.

Untuk tempat tinggal manusia di Mars, kru harus dapat menggunakan sumber daya planet ini, seperti mengekstraksi air di bawah permukaannya, menghasilkan oksigen, dan menghasilkan listrik di sana.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2252 seconds (10.55#12.26)